DestinationHeadline NewsTourismTravel

BMKG Kembangkan Aplikasi Prakiraan Cuaca Bantu Pemudik

Mudik Lebaran menjadi hajatan nasional yang melibatkan semuan institusi termasuk Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jumat, 16 Juni 2017, BMKG  meluncurkan aplikasi prakiraan cuaca mudik untuk memudahkan perjalanan warga yang pulang ke kampung halaman. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan dari aplikasi sebelum yang diluncurkan pada 25 Agustus 2016.

Dengan demikian ada beberapa informasi yang ditambahkan untuk membantu  perjalanan para pemudik. Informasi tersebut yakni  informasi tentang cuaca jalur mudik lebaran, cuaca maritim dan cuaca bandara.

“Dalam menghadapi arus mudik lebaran 2017, BMKG menyiapkan aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store dengan nama Info BMKG,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Jumat, 16 Juni 2017.

Eka menjelaskan informasi mengenai cuaca mudik jalur darat memudahkan pengguna aplikasi untuk mengetahui prakiraan cuaca kota tujuan serta daerah yang akan dilalui.

Bukan hanya sebatas mengetahui prakiraan cuaca, namun di aplikasi ini pemudik dapat mengetahui  keberadaan posisinya dan kepadatan jalur yang dilalui karena Info BMKG telah menggunakan geolocation. Pengguna juga dapat mengetahui prakiraan cuaca hingga tiga hari ke depan.

Sedangkan terkait informasi maritim, dengan format peta dinamis memudahkan pengguna dapat mengetahui tingkat bahaya dibeberapa lokasi wilayah perairan.

Informasi yang disediakan juga dilengkapi peringatan dini dan kondisi sinoptik di masing-masing wilayah perairan serta informasi prakiraan cuaca tersedia untuk tiga hingga empat hari ke depan.

Informasi cuaca bandara dapat memudahkan pilot dan pengguna jasa maskapai penerbangan untuk mengetahui kondisi terkena cuaca di bandara keberangkatan maupun tujuannya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button