DestinationEconomicFood

Buka Jambore Peternakan 2017, Jokowi Minta Peternakan di Korporasi

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, meresmikan pembukaan Jambore Peternakan 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, 24 September 2017. Kegiatan yang difasilitasi Kementerian Pertanian bertujuan untuk mendorong peningkatan peran dan kontribusi subsektor peternakan dalam memenuhi kebutuhan protein hewani asal ternak dan kesejahteraan peternak.

Jambore Peternakan Nasional Tahun 2017 yang diikuti 700 peserta, diinisiasi para peternak yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI). Kali ini , mengangkat tema “Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani” dan “Bangga Menjadi Peternak Indonesia”.

Dalam sambutannya  Presiden ingin agar industri peternakan di Indonesia dibangun secara korporasi dengan profesional tergarap dari hulu sampai hilir.

“Mengkorporasikan ternak, ada industri bibit, pakan ternak, dari hulu sampai hilir dikonsolidasikan dalam satu organisasi. Pertanian juga seperti itu. Kalau bisa terkonsolidasikan dengan baik, itu akan lebih efisien,” kata Jokowi.

 

Menurut dia, jika peternak di Indonesia mampu mengkonsolidasikan usahanya dan semakin efisien maka kemungkinan untuk ekspor pun semakin besar. Dengan begitu, kata dia, sektor peternakan Indonesia bisa bersaing dengan negara lain karena telah mampu mengindustrikan sektor peternakan dengan baik.

“Kalau harganya masih kalah bersaing, artinya ada yang tidak efisien di industri peternakan kita,” ucapnya.

Presiden mengatakan akan melihat langsung industri peternakan di daerah meliputi Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah untuk dapat mengetahui sejauh mana industri tersebut berkembang sampai saat ini. Ia berjanji Pemerintah akan mendukung seluruh kebijakan dan regulasi agar tidak menghambat sektor peternakan.

“Saya kira lebih bagus kalau kita berikan rangsangan agar peternak masuk ke banking system. Itu yang saya lihat di negara lain seperti itu,” paparnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button