Economic

Bupati Luwu Utara Panen Perdana Penangkar Benih Padi

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melakukan panen perdana penangkar benih padi bersama masyarakat Desa Lara Kecamatan Baebunta, Selasa (2/10).

Selain panen perdana, Bupati yang tidak malu disebut anak petani ini juga melaunching mobil operasional brigade alsintan (alat mesin pertanian).

“Kegiatan sektor pertanian menjadi skala prioritas mengingat 80% masyarakat Luwu Utara hidup dari pertanian. Hal ini seiring dengan Visi Misi Luwu Utara yang religius dengan pembangunan berkualitas dan merata serta berlandaskan kearifan lokal,” kata Indah.

Untuk terus meningkatkan produktifitas pertanian Pemkab Luwu Utara terus melakukan berbagai macam upaya termasuk dengan percetakan sawah baru.

“2018 kita mencetak 500 Ha baru serta pengadaan bibit padi 15.159 Ha serta penyediaan pestisida dan teknologi pertanian. Sekadar informasi bahwa untuk tahun ini target Sulsel 6,4jt ton dan  salah satu daerah yang diharapkan berkontribusi adalah Luwu Utara,” terangnya.

Khusus  alokasi 20 ha penangkaran benih padi semua dipusatkan di Desa Lara full paket; alsintan, pupuk,  termasuk pendampingan.

“Alsintan hanya alat kita harus bekerja keras. Fasilitas/bantuan yang diberikan
diharapkan sebanding hasilnya,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holbikultura dan Perkebunan (TPHP) Luwu Utara, Agussalim Lambong menuturkan jika luas lahan sawah untuk tahun 2017 mencapai 27.653 Ha dengan produksi 239.449 ton Gabah Kering Panen (GKP).

“Produksi rata-rata mencapai 5,71 ton/ha dengan surplus beras mencapai 77.603 ton beras,” papar Agussalim.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close