DestinationTourismTransportation

Bupati Samosir : Wajib Hukumnya Kapal di Pelabuhan Ajibata Membuat Manifest Penumpang

Saat ini di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Samosir mudah terlihat ada sebuah tenda biru tempat pendaftaran calon penumpang  (manifest) kapal penyeberangan menuju Tomok. Inilah salah satu bentuk penegakan aturan dimana setiap kapal diwajibkan membuat daftar manifest calon penumpangnya sebelum berlayar sudah mulai diikuti oleh setiap kapal maupun calon penumpang kapal.

Petugas pelabuhan dan pelayaran yang berwenang harus tegas dalam mengawasi kegiatan pelayaran dan pemilik kapal pelayaran wajib menaati aturan untuk mengutamakan keselamatan. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, pada hari Senin (9/7).

Menurutnya, para pemilik kapal harus bekerja sama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dari Dinas Perhubungan.

“Guna menjamin keselamatan pelayaran dan penumpang kapal, maka pemilik kapal harus disiplin dan taat aturan pelayaran,” kata Rapidin.

“Mohon dukungan dari semua pihak,.Pemkab Samosir tidak akan ada toleransi tentang keselamatan terhadap penumpang kapal yang berlayar di Danau Toba. Semua pihak, terutama penumpang kapal untuk saling mengingatkan demi keselamatan,” lanjut Rapidin.

Dia meminta pengelola kapal langsung memberikan life jacket sekaligus mendata (manifest) para penumpang saat memasuki kapal. Cara tersebut lanjutnya, sangat penting dan efektif terutama bagian dari keselamatan selama pelayaran bagi masing-masing penumpang sebab sudah memegang life jacket dan terdata.

Termasuk standar operasional prosedur yang ditaati dan diikuti pengelola kapal sebelum pemberangkatan hingga pelayaran dan sampai tujuan kapal.

“Saya minta taati semua aturan pelayaran dan petugas harus tegas dalam menegakkan disiplin pelayaran, sehingga peristiwa kapal tenggelam seperti KM Sinar Bangun dimana 164 penumpang hilang dan 3 ditemukan tewas tidak terjadi lagi di Danau Toba,” harapnya.

Ramp check (pemeriksaan lapangan) kapal harus dilakukan juga manifest harus dimiliki serta life jacket wajib tersedia bagi penumpang termasuk fasilitas keselamatan lainnya,” ujarnya.

Khususnya, manifest (daftar jumlah penumpang kapal) harus sesuai jumlah dan kapasitas (daya tampung) kapal atau tidak melebihi kapasitas kapal. Kedepan, Pemkab Samosir akan bekerja sama dengan Polres Samosir untuk mengawasi pelabuhan-pelabuhan agar operasional kapal motor menenuhi ketentuan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close