BusinessEconomicHeadline NewsInvestmentTourism

Cari Solusi Penuhi Target Kunjungan Wisatawan, KADIN Indonesia Gelar Talk Show Pariwisata

Guna memenuhi target kunjungan wisatawan  mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang dan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus)  pada tahun 2019 mendatang, Kamar Dagang dan  Industri (KADIN) Indonesia  menggelar  acara Talk Show bersama  Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Jawa Barat (Jabar)  serta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan  Association of Sales Travel Indonesia (ASATI)  di  Crown Plaza Hotel, Jakarta, Senin 23 Oktober 2017. Talk Show kali ini mengambil tema “Strategi Mempercepat Kunjungan Wisatawan bersama Gubernur Kepulauan Babel dan Gubernur Jabar”

Untuk Kepulauan Babel  diwakili oleh Wakil Gubernur Kepulauan Babel  Abdul Fatah sedangkan untuk Jawa Barat diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Ida Hernida.  Dalam talk show ini,  baik Wakil Gubernur Kepulauan Babel  Abdul Fatah maupun   Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Ida Hernida memaparkan  perkembangan pariwisata di dua daerah tersebut.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel  Abdul Fatah diantaranya memaparkan program strategis yang sedang  dibangun untuk menarik wisatwan  berkunjung ke Babel. Salah satu program yang disebut adalah akan dibangunnya Jembatan penghubung antara pulau Sumatera dengan kepulauan Babel.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Ida Hernida program strategis yang dipaparkan adalah diberikan bonus gratis menginap di Bandung untuk wisatawan yang menggunakan promo perjalanan. Untuk promo ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar bekerjasama dengan asosiasi travel dalam negeri.

Dari talk show muncul banyak usulan  yang lahir untuk Kemenpar, Pemprov Kepulauan Babel, Pemprov Jabar mapun ASATI . Salah satu usulan itu datang dari Ketua Umum KADIN  Indonesia Eddy Ganefo. Eddy mengusulkan agar ada kerjasama dengan maskapai, maupun hotel untuk mendatangkan wisman. Kerjasama itu, berupa  diberikan bonus menginap gratis  di daerah transit  selama satu hari   untuk wisatawan.

“Saya usul strategis kerjasama dengan airline,  mungkin juga dengan ASATI.Misalnya wisatawan Malaysia ke Jakarta katakan tiketnya satu juta via babel, via Jawa Barat dapat gratis nginap satu malam,   bisa juga  kerjasama denga PHRI,” ujar Eddy.

Usulan tersebut didukung oleh pembicara  dari Kemenpar yakni Assiten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar, Tazbir. Tazbir mengatakan  Kemenpar siap mempromosikan promo menginap gratis ini.

“Tugasnya Kementerian mempromosikan, kita siap aja  promosi promo package Babel, promosi package di Jawa Barat untuk di low season-nya. Namun harus  kita targetkan sekian ribu wisatawan  dalam seminggu.   Tapi kita juga harus kerjasama yang punya kamar, karena mereka yang tau seasonnya,” kata Tazbir.

Ketua Umum KADIN  Eddy Ganefo mengatakan hasil talk show ini nantinya akan menjadi rekomendasi KADIN kepada pemerintah agar dijadikan pegangan untuk pengembangkan pariwisata nasional termasuk memenuhi jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2019 mendatang.

“Kalo memang bisa dari hasil ini bisa kita rekomendasikan,  kita akan rekomendasikan. Tapi bisa juga ini kita angkat lagi untuk didiskusikan kembali, sehingga hasil dari sini bisa dilengkapi dari pihak-pihak lain. Kemudian kita bawa lagi  di rapat dengan DPD RI atau dengan Kementerian Pariwisata dan sebagainya dan sebagainya  tentunya pastinya lahirnya akan jadi rekomendasi kita  kepada pemerintah,”  ucap Eddy.

 

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button