BusinessEconomicInvestment

CIMB dan China Galaxy Securities Awali Usaha Patungan Bidang Kepialangan Saham di Asia

CIMB Group Holdings Berhad (‘CIMB’ or ‘the Group’) dan China Galaxy Securities Co. Ltd. (‘CGS’) hari ini mengumumkan bahwa mereka, melalui anak perusahaan masing-masing dengan kepemilikan saham penuh yaitu CIMB Group Sdn Bhd dan China Galaxy International Financial Holdings Limited (‘CGI’), telah menyelesaikan proses penjualan dan pembelian 50% saham CIMB Securities International Pte Ltd (‘CSI’). Dengan rampungnya transaksi, CIMB dan CGS kini menjadi pemegang saham CSI (perusahaan patungan) dengan persentase 50:50, dan CSI akan berganti nama menjadi CGS-CIMB Securities begitu diperoleh persetujuan dari pihak berwenang.

CSI merupakan induk perusahaan pialang saham di bawah CIMB yang bergerak di luar Malaysia dan usahanya mencakup kepialangan saham untuk nasabah dari kalangan institusi dan ritel, dan riset ekuitas di Indonesia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Korea Selatan, India, Inggris dan Amerika Serikat. Transaksi tersebut akan menurunkan rasio beban-terhadap-pendapatan sebesar lebih dari 100 bps dan meningkatkan rasio CAR Tier 1 sekitar 10 bps.

Pembentukan perusahaan patungan ini menandai langkah pertama mereka merambah sektor kepialangan China di Asia Tenggara, dan dimulainya kemitraan strategis jangka panjang CIMB dengan CGS. Perusahaan pialang patungan akan memanfaatkan jaringan dan cakupan wilayah kerja CIMB yang telah lama terbentuk di Asia Tenggara, dan keunggulan teknologi yang dimiliki CGS, nasabah mereka yang berasal dari beragam kalangan serta jauhnya jangkauan dan akses mereka ke pasar China. CIMB dan CGS juga memandang usaha patungan ini sebagai langkah awal mempermudah masuknya investasi lebih besar dan aliran modal masuk ke pasar masing-masing.

Group Chief Executive, CIMB Group, Tengku Dato’ Sri Zafrul Aziz mengatakan, “Kami senang pembentukan perusahaan patungan dengan China Galaxy International berhasil dirampungkan. Rampungnya proses akan menjadi awal dimulainya usaha kepialangan yang berpeluang tumbuh di seluruh Asia di bawah dua kelompok usaha terpandang, satu di kawasan ASEAN dan yang lain di China. Langkah ini juga mencerminkan langkah proaktif CIMB mengimbangi perubahan lingkungan kerja di industri kepialangan saham. Dengan keunggulannya, yakni solusi superior dan akses yang semakin besar ke pasar, saya yakin perusahaan patungan kami akan berhasil menghadirkan manfaat lebih besar bagi para nasabah yang ada saat ini maupun yang akan bergabung nanti.”

Chief Executive Officer CGI, Mr. Derrick Lau menyatakan, “Asia Tenggara bagian penting dari rencana pertumbuhan strategis yang disusun CGS, dan kolaborasi dengan CIMB akan menjadikan perusahaan patungan ini pialang saham pilihan nasabah di Asia yang ingin bertransaksi di tengah kian tingginya tren investasi lintas-negara sejalan program Belt and Road Initiative yang dilaksanakan China. Kami yakin bahwa bersama CIMB dan tim di CIMB Securities International, dengan visi dan tujuan yang sama ke depan, perusahaan patungan akan mendulang sukses besar di industri kepialangan saham di Asia.”

Terkait dimasukkannya usaha kepialangan saham CIMB di Malaysia ke dalam perusahaan patungan, proses ditargetkan rampung pada semester pertama tahun 2018.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button