Pageants

Clarita Mawarni Salem Dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2019

Malam grand final Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2019 yang berlangsung hari Jumat malam, 6 September 2019 di studio TVRI dan disiarkan secara live, menobatkan Clarita Mawarni Salem asal Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2019.

Turut hadir dalam malam grand final PPI 2019 diantaranya, Menteri Pariwisata Arief yahya, Founder Yayasan El John Indonesia Johnnie Sugiarto, Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si. Staff Ahli Bid. Multikultural Kementerian Pariwisata RI, dan beberapa Kepala Daerah.

Dalam Gelarannya yang sudah memasuki tahun ke-12, pemilihan PPI 2019 Mengangkat tema “Celebrating Wonderful Indonesia”. Finalis asal NTT tersebut dinilai juri sebagai yang terbaik setelah berhasil mengalahkan 25 finalis lainnya. Dengan gelar barunya, Clarita Mawarni akan mengemban tugas baru, yaitu melanjutkan tongkat estafet dari Putri Pariwisata 2018, Gabriella Patricia Mandolang dalam tugasnya memperkenalkan pariwisata Indonesia yang kaya akan budaya, keindahan alam, dan keramahan.

“Selamat kepada finalis yang dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia, bersiaplah dan tatap ke depan untuk turut berkontribusi memajukan pariwisata Indonesia,” ucap Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya melanjutkan, pihaknya mengapresiasi kiprah Yayasan EL JOHN Indonesia dalam kontribusinya menghadirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas melalui penyelenggaraan pemilihan Putri Pariwisata. Sejak didirikan pada 2008, Yayasan EL JOHN Indonesia telah melahirkan putri pariwisata dari berbagai provinsi.

“Putri Pariwisata Indonesia sebagai endorser harus terus berkontribusi secara aktif dalam pengembangan pariwisata agar menjadi garda terdepan pariwisata Indonesia,” tambah Menpar Arief Yahya.

Dengan mengusung tema tersebut, diharapkan Putra Putri Pariwisata 2019 sebagai generasi milenial dapat menjadi SDM yang mampu menjadikan destinasi-destinasi wisata di Indonesia lebih mendunia melalui Digital Tourism.

“Putra Putri Pariwisata Nusantara memilih endorser untuk mempromosikan pariwisata melalui media digital. Pada era revolusi indutri 4.0 saat ini, orang melakukan search and share sebesar 70 persen melalui media digital,” kata Menpar Arief Yahya.

Dilanjutkannya, jumlah populasi milenial di Indonesia mencapai 34 persen dari total penduduk. Mereka adalah anak-anak muda yang mobile, digital, interaktif, serta memiliki esteem needs, yaitu kebutuhan akan pengakuan dan perhatian yang disalurkan melalui media digital, khususnya media sosial.

Dikesempatan yang sama, Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto mengucapkan selamat kepada para finalis terpilih. Tahun ini, penyelenggaraan kontes yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia, berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini, kontes yang digelar lebih spesial, karena ada dua event besar yang diselenggarakan secara bersama yakni pemilihan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia dan Putra Putri Pariwisata Nusantara,” kata Tokoh Pariwisata Indonesia ini.

Lebih lanjut Johnnie menjelaskan, bahwa Yayasan EL JOHN Indonesia adalah lembaga non profit yang memiliki program “Indonesia di Panggung Dunia“. Program ini, memberikan kesempatan kepada generasi Milenial membawa nama Indonesia ke panggung dunia.

Clarita Mawarni Salem, Putri Pariwisata 2019 terpilih mengatakan bahwa dirinya bangga bisa memenangi ajang pemilihan Putri Pariwisata.

“Tidak menyangka sama sekali, saya bisa memenangkan ajang yang merupakan mimpi saya ini. Saya bisa membuktikan kepada orang-orang yang telah memberikan kepercayaan kepada saya, khususnya masyarakat Nusa Tenggara Timur,” kata Clarita Mawarni Salem.

Mengikuti masa karantina selama 1 Minggu di ibis budget hotel daan mogot Jakarta Barat, Clarita mendapatkan pembekalan tentang menjadi seorang Putri Pariwisata. Perjalanan Clarita tidak mudah untuk mendapatkan mahkota PPI 2019. Dinilainya semua finalis mempunyai bakat yang luar biasa dan merupakan para pesaing tangguh baginya.

Berikut daftar pemenang Putri Pariwisata Indonesia 2019:

Putri Pariwisata Indonesia 2019/Miss Tourism Indonesia 2019: Clarita Mawarni Salem (NTT)
1st runner up / Miss Culinary Tourism Indonesia 2019: Jeni Rahmadial Fitri (Riau)
2nd runner up / Miss Marine Tourism Indonesia 2019: Yasmin Oktavia (Jawa Timur)
3th runner up / Miss Sport Tourism Indonesia 2019: Pradita Dinar Anggini (DKI 4)
4th runner up / Miss Cultural Tourism Indonesia 2019: Angel Rumihin (Maluku)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close