Headline NewsHealthy Life

Dengan Adanya Rujukan Online Pekerjaan di Puskesmas Lebih Mudah

Sistem Rujukan Online diciptakan untuk mengikuti perkembangan era digital dengan cara melakukan simplifikasi terhadap pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) pada fasilitas kesehatan. Pada aplikasi P-care milik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sudah langsung terhubung dengan aplikasi VClaim di rumah sakit, sehingga rujukan lebih realtime dan memberikan kepastian kepada peserta terkait rujukannya.

Kepala Puskesmas Pangkalan Balai Periyani, menambahkan, keterlibatan semua pemangku kepentingan sangat penting untuk suksesnya rujukan online ini.

“Puskesmas bisa melihat kesediaan poli di rumah sakit dan lebih dari itu kami bisa melihat ketersediaan spesialis sampai sub-spesialis di sebuah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, tuturnya dalam siaran pers yang diterima Redaksi El John News, Kamis, 12 Oktober 2018.

Di Zaman digital sekarang ini pasien bisa berobat cukup dengan Mobile JKN yang tersedia di handphone-nya, sehingga faskes juga harus mengikuti perkembangan digitalisasi tersebut dengan Rujukan Online, kata Peri.

Dengan adanya rujukan online, pekerjaan di puskesmas jadi lebih mudah, simpel dan mengurangi penggunaan kertas, dengan demikian biaya administrasi jauh lebih ringan.

Dari segi operasional, Puskesmas Pangkalan Balai bisa menerapkan efisiensi yang signifikan, terutama dalam hal  kertas dan printer, dahulu kami sediakan printer dan tinta kelengkapan rujukan, sekarang untuk persediaan tinta dan kertas menjadi hemat kertas jadi efisiensi sekali secara operasional,” ucap Peri.

Peri berharap berharap rujukan online semakin berkembang kedepannya yang dapat mempermudah pekerjaan, mengurai antrian dan bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan baik itu peserta ataupun fasilitas kesehatan sendiri.

Dikesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang “Andi Ashar menambahkan bahwa bahwa rujukan online ini sama sekali tidak mengurangi dan tidak merubah sistem rujukan program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Peserta akan mendapatkan pelayanan yang tepat dan berkualitas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki pemberi pelayanan kesehatan, saya dan tim di BPJS Kesehatan akan senantiasa mengedukasi masyarakat dan fasilitas kesehatan untuk mengetahui mekanisme rujukan online ini,” Tutup Andi.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button