CultureHeadline News

Di Peringatan Hari Ibu, Presiden Bepesan Jadilah Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, menghadiri peringatan ke-89 Hari Ibu yang dilangsungkan di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Papua Barat, pada Jumat, 22 Desember 2017.  Lima Menteri perempuan juga turut hadir dalam acara ini. yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Dalam sambutannya. Presiden mengatakan peringatan Hari Ibu ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap seluruh perempuan di Tanah Air termasuk mama-mama di Papua.

“Karena ‘Mama-Mama’ Papua adalah perempuan Indonesia, karena Papua adalah Indonesia,” ujar Jokowi dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin‎, Jumat, 22 Desember 2017.

Presiden mengungkapkan peringatan Hari Ibu sebagai momentum untuk mengenang dan menghargai semangat dan perjuangan kaum perempuan dari berbagai latar belakang dalam pergerakan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan sebagai perwujudan peran serta perempuan dalam proses pembangunan bangsa.

“Perayaan penting bagi perempuan Indonesia, bagi negara, dan bangsa karena perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya,” ungkap Presiden.

Di akhir sambutannya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan ucapan selamat serta memberikan pesan kepada seluruh perempuan Indonesia agar dapat mengemban tugas dengan baik dalam mendidik dan membimbing anak-anak bangsa menjadi generasi hebat Indonesia di masa mendatang.

“Jadilah, Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu,” ucap Presiden.

Dalam peringatan ini, Presiden juga mengajak para Menteri perempuan ini ajak Presiden untuk naik ke atas panggung untuk membacakan puisi yang berjudul Pesan Ibu Bangsa. Puisi ini dibacakan secara bergantian oleh para menteri.

Selain itu Jokowi juga memanggil beberapa orang mama Papua untuk berdialog terkait barang-barang jualan mereka di pasar.

Sementara itu, Menteri PPPA, Yohana Yembise menyatakan kegembiraannya karena puncak PHI ke-89 bisa diselenggarakan di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua  Barat.

“Puji syukur hari ini kita semua termasuk mama-mama Papua dapat memperingati Hari Ibu bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara. Ini bukti nyata bahwa negara hadir di wilayah 3 T, yakni tertinggal, terluar, dan terpencil,” ucap Yohanna.

Yohana berharap peringatan Hari ibu menjadi momentum untuk meningkatkan potensi perempuan Indonesia, mendorong kesetaraan gender, serta memberi kesempatan yang sama kepada laki-laki dan perempuan untuk bekerja sama membangun bangsa dan negara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button