Pageants

Dikukuhkan Jadi Duta ISSITA, Marchella Mulyawan Siap Promosikan Wisata Olahraga Indonesia

Miss Chinese Indonesia 2021 Marchella Mulyawan terpilih menjadi Duta Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA). Pengukuhan Marchella sebagai duta dilakukan saat pelantikan pengurus DPD ISSITA Jakarta periode 2024-2029 di Keraton Majapahit Jakarta, Sabtu (04/05/2024).

Pelantikan pengurus dilakukan oleh Ketua Umum ISSITA Isyak Mayrobi dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, serta Ketua Dewan Kehormatan ISSITA AM Hendropriyono.

Terpilihnya Marchella sebagai duta sekaligus mencantumkan namanya sebagai anggota DPD ISSITA Jakarta. Ia mengaku sangat senang dan terhormat diberikan kepercayaan dan tanggung jawab yang begitu berharga.

“Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan. Semoga dengan ditunjuknya saya sebagai Duta ISSITA bisa menjalankan tugas dengan baik, bisa juga sebagai representasi generasi muda terutama perempuan di bidang pariwisata olahraga dan minat khusus,” ucap Marchella saat diwawancarai tim El John Media.

Marchella mengatakan, sebagai salah satu generasi muda, ia bisa mengajak muda mudi lain untuk mencintai dan melestarikan pariwisata serta kebudayaan Indonesia.

“Saya sebagai salah satu anggota atau salah satu Duta di ISSITA termuda, saya merasa harus punya andil untuk bisa menjangkau lebih banyak generasi muda karena di ISSITA sendiri dari berbagai macam latar belakang seperti pengusaha, public figure, pelaku usaha, pejabat negara yang sudah punya jam terbang tinggi. Ini menjadi suatu tantangan serta tanggung jawab yang besar untuk saya bisa menyuarakan ini ke generasi muda yang mungkin belum atau tidak terjangkau oleh anggota lainnya karena memang sudah punya market dan base network sendiri-sendiri,” jelas Marchella.

Marchella menjelaskan, ia dan Isyak Mayrobi sudah akrab sejak ia berkunjung ke kantor Bupati di Belitung. Isyak Mayrobi banyak memberikan dukungan kepadanya hingga saat ini, salah satunya pada saat itu Marchella membuat konten dengan mengangkat kebudayaan peranakan Tionghoa di Belitung.

“Beliau yang pada saat itu berwenang di daerah tersebut sangat welcome, sangat mendukung kegiatan-kegiatan saya dan kami menjadi kerabat sampai hari ini. Beliau juga melihat dengan membutuhkannya sesosok generasi muda di mana bisa menjadi Duta ISSITA yang bisa menyuarakan visi misi serta tujuan ISSITA itu sendiri,” kata Marchella.

Tidak hanya itu, Putri binaan Yayasan El John Indonesia ini juga menjelaskan bahwa ISSITA adalah asosiasi minat khusus dan wisata olahraga Indonesia, di mana Kemenparekraf juga sedang menggalakkan bahwa di Indonesia tidak hanya wisata atau kebudayaan saja, tetapi juga bisa dikemas dalam bentuk minat khusus serta pariwisata olahraga.

“Contohnya seperti bersepeda itu ada tujuan-tujuannya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, sehingga tidak hanya olahraga saja, tapi juga ada pariwisatanya,” ucap Marchella.

Seperti diketahui, ISSITA akan berdiri di berbagai provinsi di Indonesia. Saat ini, sudah ada di DPD Banten, DPD Riau, DPD Jawa Timur, serta DPD DKI Jakarta. ISSITA membuka pintu selebar-lebarnya untuk bergabung bagi siapa pun yang memiliki komitmen sama memajukan pariwisata Indonesia

“Disampaikan juga oleh bapak Ketua Umum dan Ketua di DPD serta dari Sekjen juga, ISSITA sangat terbuka untuk siapa saja yang mau welcome untuk bergabung, memiliki visi misi yang sama ingin memajukan pariwisata Indonesia, mendekatkan kebudayaan itu bisa langsung kontak melalui instagramnya @dppissita,” ucap Marchella.

“Sekarang sudah empat provinsi, ditargetkan ada 11 sampai tahun ini. Berikut-berikutnya itu termasuk Bali, Sumatera Utara, mungkin juga akan merambai ke Kalimantan dan Sulawesi. Itu kita masih menunggu jadwal juga dari Kemenparekraf,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum ISSITA Isyak Mayrobi menegaskan bahwa potensi pariwisata olahraga dan minat kreatif di Indonesia sangatlah besar, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang kuat antar lini agar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan kerja sama yang solid, potensi ini mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” ujar Isyak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button