DestinationHealthy LifeSportsTourism

Dinas Pariwisata Sleman Siapkan Rute Sejauh 115 Km Untuk Tour de Prambanan 2019

Event tahunan Tour de Prambanan siap digelar kembali pada 27 Oktober 2019 mendatang. Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman sebagai penyelenggara pun telah melakukan persiapan yang matang agar event ini berjalan dengan lancar.

“Tahun ini merupakan event yang diselenggarakan untuk ketiga kalinya, dan akan dilangsungkan pada Minggu, 27 Oktober 2019,” kata Sudarningsih selaku Kadispar Sleman, Senin (21/10/2019).

Sudarningsih menyatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan rute yang lebih panjang dari sebelumnya.

“Kali ini rute yang ditempuh sejauh 115 km, sementara pada event pertama dan kedua jarak tempuhnya sejauh 100 km,” kata Ningsih.

Sesuai namanya, Tour de Prambanan 2019 akan mengambil titik start dan finish di Lapangan Siwa, Kompleks Candi Prambanan, Sleman.

Ketua Team Race Tour de Prambanan 2019 Ferry Dwi Harnanto mengatakan hingga pendaftaran ditutup, total peserta mencapai 668 orang. Jumlah ini lebih banyak dari target yang hanya 500 orang.

“Mereka kami bagi untuk peserta race sebanyak 163 orang dan peserta non race sebanyak 505 orang,” kata Ferry.

“Kelas race mempertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain dengan peserta yang akan diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki dengan jarang tempuh 6 kilometer, Sementara untuk kategori nonrace, peserta akan mengikuti rute yang disiapkan yaitu start di lapangan Shiwa, Candi Prambanan menuju pitstop pertama di Lapangan Huntap Pagerjuang Kepuharjo, Cangkringan” tambahya.

Selain itu, pebalap nasional Doni Tata Pradita bakal turut memeriahkan Tour de Prambanan. Bahkan, Doni akan menjadi Road Captain dalam lomba yang mengusung tema ‘Sport and Tourism for Better’ Future tersebut.

Doni sendiri mengaku sangat senang bisa menjadi Event Ambassador Tour de Prambanan. Terlebih, pria kelahiran Sleman 21 Januari 1990 itu memang biasa memakai road bike untuk olah raga demi menjaga stamina.

“Saya sangat senang dan tidak sabar,” kata Doni

Hasil gambar untuk doni tata tour de prambanan

Sebelum lomba, Doni mengaku bisa 3-4 kali bersepeda setiap pekannya. Jarak terjauh yang pernah ditempuhnya yaitu 60-200 kilometer, dan di Sleman biasa menjelajahi Jalan Monjali sampai ke Jalan Kaliurang.

“Malah, pernah itu saya dari Kulonprogo sampai Sleman, karena sepeda itu menjadi alat menjaga ketahanan tubuh ya,” ujar Doni.

Tour de Prambanan 2019 akan dibuka dengan lambaian bendera oleh Bupati Sleman Sri Purnomo pada pukul 05.45 WIB, dan diperkirakan akan berakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close