Headline News

Dirjen Lembaga Pemasyarakatan Kunjungi Kampung Asimilasi Lapas Cebongan

Dirjen Lapas Sri Puguh Budiutami meninjau Kampung Asimilasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cebongan Sleman, Minggu (16/09/2018). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja yang dilakukan Dirjen di wilayah DIY.

Kampung asimilasi yang dikembangkan di lahan sekitar 4.000 meter persegi di perbatasan sebelah utara lapas tersebut digunakan untuk memberi pelatihan dan pemagangan kerja warga binaan pemasyarakatan (WBP) Sri Puguh Budiutami sangat mendukung keberadaan serta proses kerja di kampung asimilasi tersebut.

“Kalau saya lihat, proses semacam ini sederhana, mudah dilakukan dan bernilai ekonomi bagi warga binaan. Hal ini saya rasa perlu dikembangkan ke lapas lain,” kata Sri Puguh Budiutami.

Lapas Kelas IIB Cebongan Sleman mengembangkan kampung Asimilasi sejak awal 2018 melalui kerja sama dengan Yayasan Bina Insani Berdikari (BIB), Kabupaten Sleman dalam pembinaan pelatihan kerja bagi 277 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kampung Asimilasi di lapas ini juga telah mendapat penghargaan sebagai runner-up Social Innovation award dari HKTI tahun ini.

“Kami sedang mengusahakan agar lapas Sleman menjadi bebas limbah, melalui berbagai pola pemanfaatan limbah,”ujar Kalapas Kelas IIB Cebongan Sleman, Gunarto yang mendampingi kunungan Dirjen Lapas ke kampung asimilasi.

Sementara itu Ketua Yayasan BIB Sleman, Arif Budiono menjelaskan kerja sama ini bersifat sosial dan pendidikan. Kerja sama tersebut telah berjalan dengan payung hukum MoU dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani pada tanggal 8 Januari 2018 untuk periode satu tahan 10 bulan.

“Bersama lapas, kami berusaha semaksimal mungkin ikut serta mendidik anak bangsa yang baru mengalami musibah agar kembali ke masyarakat dengan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan, kami juga memberi kesempatan bagi mantan penghuni lapas untuk bekerja di Yayasan BIB,” ujar Arif.

Dalam kunjungan ke Kampung Asimilasi disertai penyerahan kenang-kenangan sayur hasil panen kampung asimilasi kepada dirjen lapas.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close