DestinationHeadline News

Disparbud DKI Bakal Jadikan Kawasan Condet Sebagai Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudispar)  DKI Jakarta akan menyulap kawasan Condet sebagai destinasi wisata. Saat ini, sedang dirancang apa saja yang dibutuhkan Condet untuk dijadikan destinasi wisata.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Jakarta Timur Iwan Henry Wardhana mengatakan sebenarnya tidak sulit menyiapkan apa yang dibutuhkan Condet untuk menjadi sebuah destinasi. Pasalnya Condet saat ini masih kental dengan budaya betawi yang  dapat dijadikan wisata budaya, jika dapat digarap dengan serius.

“Di Condet itu budaya Betawi kuat. Menariknya lagi, banyak kuliner khas juga di sana, jadi Condet memang punya potensi,” kata Iwan di Pulomas, Jakarta Timur, Rabu, 4 April 2018.

Iwan menjelaskan Jakarta sebagai Ibu Kota, bukan berarti kebudayaan Jakarta tenggelam, justru ditengah  terpaan modernisasi semua pihak harus dapat menjaga dan melestarikan kebudayaan Jakarta. Inilah tantangan yang dihadapi para pemangku kepentingan pariwisata di Jakarta.

“Kami coba jaga dan gali kelestarian serta potensi yang ada dari masyarakat. Jadi Jakarta ini tidak melulu soal gedung bertingkat, mal, cagar budaya, atau industri malam, tapi banyak potensi yang bisa kami gali dari masyarakat,” ucapnya.

Menurut dia, Condet, akan dibuat sebagai destinasi wisata edukasi. “Saat kami kemarin susur sungai Ciliwung di Condet itu ternyata banyak hal di sana.

Mulai dari petilasan, gua monyet, sampai kuliner khas sana,” katanya. Pihaknya akan membuat sebuah paket wajib kunjungan bagi anak sekolah di DKI Jakarta.

“Wisata wajib kunjung untuk anak sekolah sedang kami rancang juga, anak-anak ini harus tahu langsung di lokasi,” kata dia.

Dijadikan Conder sebagai destinasi wisata tak lepas dari amanat Wakil Gubernur DKI Jakarta. pada acara “Condet Punya Potensi” hari Sabtu, 31 Maret 2018 lalau. Sandiga mengatakan bahwa kawasan Conder berpotensi sebagai destinasi wisata. Salah satu destinasi itu yakni Kali Ciliwung.

Menurut Sandiaga, kondisi Sungai Ciliwung di Condet memiliki potensi pariwisata yang baik. Sebab, Sungai Ciliwung di kawasan tersebut tertata rapi.

“Kalau dilihat wilayah Ciliwung yang di dekat Condet ini seperti di luar Jakarta, alangkah baiknya kalau ini bisa dijadikan tempat wisata juga, karena jernih airnya bisa dijadikan tempat wisata keluarga, alamnya masih hijau dan asri,” ucap dia. (Sumber Kompas)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close