Headline NewsHealthy Life

Dokter Daniel Bagikan Tips Untuk Terbang Aman Dari Covid-19

Spesialis Kedokteran Penerbangan dan Konsultan Kedokteran Wisata RS Graha Kedoya Jakarta Dr. M.D Daniel Hadinoto FISTM, Sp.KP., FAsMA-CATMmeminta masyarakat yang melakukan perjalanan  di tengah pandemi Covid-19 untuk memperhatikan beberapa hal, di antaranya di saat berada di dalam pesawat.

Dokter Daniel mengatakan area di dalam pesawat merupakan area yang sangat penting untuk diperhatikan calon penumpang pesawat. Meskipun di dalam pesawat sudah diterapkan physical distancing namun antisipasi untuk terhidar dari penularan Covid-19 harus jadi perhatian serius.

Dokter Daniel pun menyarankan  calon penumpang dapat menyiapkan alat pelindung diri (APD) secara mandiri, mulai dari masker hingga face shield.

“Kemudian yang lebih penting lagi pada saat di dalam pesawat, karena udara di pesawat itu terkompres. Jadi udaranya itu-itu aja, anda akan berinteraksi dengan banyak orang selama di dalam pesawat dengan waktu yang cukup lama, meskipun diterapkan protokol social distancing, pasti ga bisa bebas kalau bukan di pesawat,” kata dokter Daniel saat menjadi pembicara dalam program EL JOHN Medical Forum yang ditayangkan di EL JOHN TV. Program ini dipandu oleh Miss Earth Indonesia 2019 Cinthia Kusuma Rani.

“Jadi please siapkan APD, alat pelindung diri mandiri, minimal siapkan dua masker, jadi kalau maskernya sudah basah, maskernya tidak nyaman tolong itu diganti. Kemudian siapkan juga alat pembuangan yang pas untuk membuang masker yang bekas dipakai. Jangan lupa siapkan juga hand sanitazer yang mudah dibawa tidak perlu besar-besar. Jangan lupa juga siapkan face shield. Ada beberapa maskapai di dunia ini yang sudah menyiapkan secara cuma-cuma untuk face shield. Seandainya disiapkan yah sudah berarti aman, tapi kalau tidak disiapkan anda harus membawa sendiri itu jauh lebih bagus,” tambahnya.

Selain itu, menurut Dokter Daniel yang menjadi perhatian kedua adalah disaat chek in. Tahapan ini, biasanya menimbulkan antrian, karena itu jaga jarak di saat mengantri chek in harus dijalankan secara benar. Jangan sampai antrian berdekatan dari calon penumpang yang satu dengan calon penumpang yang lain.  Di saat antri, dipastikan sudah menggunakan masker ataupun face shield.

“Ketika anda ingin mengantri chek in masuk ke dalam pesawat, please pastikan jaga jarak dengan penumpang yang ada di depan dan di belakang, jadi physical distancing  yang harus benar-benar diperhatikan,” ujar Dokter Daniel.

Kemudian Dokter Daniel juga berpesan agar calon penumpang menyiapkan dokumen pendukung seperti hasil rapid test atauapun swab test. Hal ini penting karena untuk memastikan calon penumpang tersebut terbebas dari Covid-19. Hasil test itu berlaku untuk `14 hari kedepan sejak hasil tes tersebut keluar.

“Demikian juga sekarang, pemerintah mewajibkan bagi calon penumpang untuk mendownload sebuah aplikasi. Jadi aplikasi ini berisi daerah-daerah yang masih red zone,yellow zone, green zone nah itu yang harus diperhatikan calon penumpang. Anda tolong isi, tolong download ikuti protokol yang ada di sana sebelum anda berangkat. Demikian juga untuk mengisi semacam kartu, kartu kewaspadaan lah, jadi ini diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, ini juga bisa di download, bisa diisi secara daring, secara online, pastikan data-data anda terisi untuk mempermudah, karena kita-kita ini mengawasi pergerakan penumpang,” ungkap Dokter Daniel.

Dokter Daniel berpesan kepada masyarakat jika tidak terlalu penting untuk membatalkan perjalannya. Namun jika kondisi harus pergi juga maka protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah harus dijalankan secara benar.

“Jika tidak terlalu penting sebaiknya di rumah, stay at home itu yang paling safe  dan jika harus terpaksa melakukan perjalanan  dengan pesawat atau dengan kereta atau dengan moda transportasi lainnya, patuhi protokol kesehatan, usahakan periksakan diri anda dulu sebelum melakukan perjalanan. Pastikan minimal diri anda tidak terpapar dalam tanda kutip,” tutup dokter Daniel.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close