Headline NewsHealthy Life

Dokter Spesialis Penerbangan Dapat Putuskan Kru Pesawat Layak Terbang Atau Tidak

Dokter Spesialis Penerbangan memiliki peran penting dalam  memastikan, kelayakan terbang para    kru pesawat. Pengecekan kondisi kesehatan para kru pesawat  menjadi salah satu tugas yang dijalankan  dokter-dokter spesialis penerbangan tersebut.

Spesialis Kedokteran Penerbangan dan Konsultan Kedokteran Wisata RS Graha Kedoya Jakarta Dr. M.D Daniel Hadinoto FISTM, Sp.KP., FAsMA-CATM mengatakan tidak hanya kru pesawat namun orang-orang yang berkecimpung di dunia penerbang juga menjadi perhatian dokter spesialis penerbangan

“Kami ini bertugas sebenarnya main job dari kita adalah untuk memastikan bahwa kru penerbangan itu safety untuk flight. Kalau kita tau kru penerbangan ada pilot, ada first officer, ada pramugari, ada pramugara dan juga orang-orang yang berkecimpung di industri penerbangan tetapi tidak berhubungan langsung dengan pesawatnya. Itu konsen kami untuk memastikan mereka-mereka ini layak ga sih untuk melakukan pekerjaannya dengan baik, karena pekerjaannya itu berkaitan erat dengan hajat hidup orang banyak,”  kata dokter Daniel saat menjadi pembicara dalam program EL JOHN Medical Forum yang ditayangkan di EL JOHN TV. Program ini dipandu oleh Miss Earth Indonesia 2019 Cinthia Kusuma Rani.

Dokter Daniel mengungkapkan tugas dokter spesialis penerbangan tak sebatas  mengecek kondisi kesehatan para kru pesawat, namun ada tugas lain juga yang menjadi kewajiban seorang dokter spesialis penerbangan. Tugas tersebut yakni memberikan pelayanan kepada pasien yang hendak berpindah atau dirujuk ke rumah sakit dengan menggunakan pesawat terbang.

“Nah pada perkembangannya kita bisa berkembang dengan macam-macam, salah satunya misalnya evakuasi medis. Jadi kalau ada pasien sakit dari satu daerah mau pindah ke rumah sakit lain, di daerah yang lebih mumpuni, nah itu kami mengawal selama perjalanan penerbangan pasien tersebut,” ujar dokter Daniel.

“Kami melayani tentu saja segmennya dengan orang umum atau masyarakat awam. Jadi misalnya yang butuhkan layak terbang. Kalau dalam pandemi ini banyak orang yang rapid test, kemudian butuh surat keterangan nah itu yang kami lakukan. Membantu pasien-pasien yang butuh kelayakan terbang,” tambah dokter Daniel.

Lebih lanjut dokter Daniel menjelaskan, dokter spesialis penerbangan memiliki wadah yakni suatu organisais yang diberi nama  Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan Indonesia (Perdospi). Meski usia masih terlalu muda namun organisasi ini sangat bermanfaat bagi para dokter spesialis penerbangan, seperti ada aturan dalam menjalankan tugasnya dan juga bantuan hukum disaat dokter spesialis penerbangan tersandung masalah hukum. Di Amerika Serikat organisasi seperti ini sudah lahir sejak lama.

“Kita masih baru, tapi kita harus eksis nih sekarang, jadi kita banyak berkecimpung di masyarakat. Kalau di dunia sudah lama, bahkan kongres internasional yang di Amerika sudah kongres ke 91. Jadi kalau di Indonesia kurang lebih sudah masuk 10 atau 11 tahun, tapi dokter-dokter yang berkecimpung di sini sudah ada 100 dokter lebih,” ungkap dokter Daniel.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close