EconomicHeadline NewsTransportation

DPRD Siap Jembatani Kedatangan KPPU ke Babel Untuk Cek Harga Tiket Maskapai

 

DPRD Provinsi Bangka Belitung(Babel) siap menjembatani kedangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KKPU) ke Babel  untuk mengecek harga tiket Pangkalpinang-Jakarta dan sebaliknya. Permintaan agar KPPU datang ke Babel sudah disampaikan DPRD Provinsi Babel kepada KPPU.

Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya  mengatakan pihak KPPU terkejut setelah ditujukan tingginya harga tiket yang saat ini dijual untuk rute Jakarta-Pangkalpinang dan sebaliknya.  Didit menilai ada respon positif dari KPPU untuk turun tangan  menyelesaikan masalah yang menjadi beban  penumpang pesawat ini.

“Mereka kaget harga tiket ke Pangkalpinang lebih mahal dibandingkan ke Bali. Padahal ke Pangkalpinang cuma 45 menit, sedangkan ke Bali waktunya lebih lama tapi harga tiketnya lebih murah,” ujar Didit Srigusjaya, Rabu (30/1/2019).

Didit merasakan adanya penurunan penerbangan ke Pangkalpinang seiring tingginya harga tiket penerbangan. Masyarakat dinilai sudah mengurungkan niatnya untuk menggunakan jasa penerbangan. “Kita sudah sampaikan penerbangan sekarang menurun, ya ini karena harga tiket pesawat mahal,” kata Didit.

Selain itu, tingginya harga tiket penerbangan juga berimbas pada perekonomian di Babel, seperti berkurangnya jasa transportasi bandara, tidak adanya transaksi UMKM, menyusutnya kunjungan wisatawan dan sepinya tingkat keterisian kamar hotel.

Mahalnya harga tiket ini telah berpengaruh banyak pada perekonomian di Bangka Belitung. Pengguna jasa transportasi bandara berkurang, pemasukan UMKM berkurang. Kunjungan wisatawan juga mengalami penurunan sangat drastis, termasuk tingkat keterisian kamar hotel.

“Kita siap menjembatani kalau KPPU datang. Kita akan undang masyarakat, pengusaha, pelaku UMKM, pariwisata dan lainnya untuk menyampaikan langsung ke KPPU,” ujar Didit Srigusjaya.

Dia mengharapkan KPPU bisa datang ke Bangka Belitung untuk mengawasi langsung mahalnya harga tiket.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close