DestinationHeadline NewsTourism

Dua Desa di Kupang Gunakan Dana Desa Untuk Kembangkan Pariwisata

Dua desa di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Desa Mata Air dan Desa Nekbaun berkomitmen untuk membangun pariwisata. Upaya itu dilakukan dengan menggunakan alokasi dana desa (ADD) di destinasi wisata yang ada di dua desa itu yang memiliki potensi kuat di sektor pariwisata.

Kedua destinasi itu, adalah Wisata Pantai Sulamanda di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah dan wisata alam Pantai Tub Afu yang berada di Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat. Desa Mata Air dan Desa Nekbaun

Upaya  untuk mengembangkan sektor pariwisata ini, mendapat apresiasi dari Bupati Kupang, Jerry Manafe. Kami memberi apresiasi terhadap upaya dua desa di Kabupaten Kupang yang telah berinisiatif menggunakan dana desa untuk pembangunan sektor pariwisata, sebagai langkah postif dalam mempercepat pembanguann ekonomi masyarakat desa,” kata Jerry  di Kupang, Senin (15/7/2019)

Jerry mengatakan wilayah Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan wilayah kantung (enclave) Oecusse, Timor Leste memiliki potensi wisata alam yang indah namun belum dikelola secara baik.

“Kepala desa harus memiliki inovasi dalam menggali potensi desa. Apabila ada potensi wisata maka gunakan sebagian dana desa itu untuk membangun pariwisata seperti dilakukan dua desa tersebut,” ujarnya.

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang itu apabila kunjungan wisatawan semakin pesat maka pemasukan untuk APBD Desa juga akan terus bertambah.

“Inovasi harus dilakukan para kepala desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga desa jangan hanya fokus pada sektor pariwisata tetapi juga menggali potensi sektor lainnya, seperti pertanian, perkebunan sehingga daerah ini memiliki desa yang maju, mandiri dan sejahtera,” tegas Jerry.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button