BusinessHeadline NewsTourismTravel

Dubes RI Untuk Bulgaria Cari Formula Tarik Wisata

Mempromosikan wisata Indonesia melalui selogan Wonderful Indonesia sudah menjadi bagian tugas para Duta Besar (Dubes) RI di negara-negara sahabat. Salah satunya tugas itu datang dari Dubes RI Luar Biasa Berkuasa Penuh untuk Republik Bulgaria merangkap Albanian dan Makedonia, Sri Astari.

Bahkan untuk meminta penjelasakan yang akurat soal wisata  Indonesia, Sri menyempatkan diri untuk mendatangi kantor Kementerian Pariwisata. Tak hanya meminta penjelasan, Sri dan Menteri Pariwisata Arief Yahya juga membahas pengembangan Pariwisata Indonesia untuk Bulgaria pada khususnya, dan Eropa Timur.

Sri memiliki alasan lain kenapa pilih pariwisata untuk memprioritaskan tugasnya sebagai seorang dubes. Menurut Sri  Hanya pariwisata yang paling bisa dan memungkinkan Indonesia bersaing di global level. Di sektor ini, confidence bangsa ini bisa melonjak tinggi. Punya credibility lebih besar. Dan semua bisa di-calibration di standart penilaian dunia.

Ditambah lagi, Presiden Joko Widodo sudah menempatkan pariwisata sebagai sektur prioritas, selain maritim, infrastruktur, pangan dan energi. Itu artinya, kementerian dan lembaga negara lainnya harus mengekor ke pariwisata. Semua harus mensupport total supaya kepak sayap Wonderful Indonesia makin berkibar di level dunia.

“Terima kasih kepada Pak Menpar atas kerjasama yang sudah terjalin dengan baik. Hasilnya sudah terasa. Banyak prestasi dunia yang sukses diukir di Bulgaria. Memang kita semua harus bersinergi untuk mencari hasil maksimal,” ujar Sri.

Sri mengaku khusus Bulgaria, Albania dan Makedonia makin mantap untuk mencicipi wisata Indonesia. Minat warga ketiga negara itu bukan tanpa sebab. Belum lama ini, video berdurasi 3 menit karya anak bangsa, Wonderful Indonesia: The Journey to a Wonderful World mendapatkan ‘Grand Prix Award’ atau penghargaan tertinggi pada The XIII International Tourism Film Festival di Bulgaria. Dan kesuksesan itu, diraih setelah mengalahkan 91 film dari 18 negara.

Sebelumnya, dua film pendek promosi pariwisata produksi Kementerian Pariwisata RI juga menjadi juara dalam International Tourism Film Festival (ITFF) ke-11 yang bertajuk ‘On the East Coast of Europe’ di Bulgaria. “Keindahan dan kehangatan budaya yang ditampilkan membuat wisman Bulgaria dan Eropa Timur penasaran. Banyak yang ingin mengunjungi Indonesia,” ujarnya.

Semangat ‘Indonesia Incorporated’ pun terbangun. Semua lini bergerak untuk tujuan yang sama. Termasuk KBRI Bulgaria dan Kemenpar. “Saya percaya, Bu Dubes lebih tahu detail karakter masyarakat tempat mereka bertugas. Pasti juga tahu simpul-simpul mana yang harus disentuh, untuk mendatangkan wisman ke tanah air,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Karena itu, Arief  Yahya mengaku sangat terbantu oleh KBRI di banyak negara, termasuk Bulgaria. Pihaknya cukup meng-update semua materi promosi yang dibutuhkan untuk mempromosikan Wonderful Indonesia.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button