CultureHeadline News

Dukung Revitalisasi Kota Tua, Pemprov DKI Akan Beli Bangunan Cagar Budaya

Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Jakarta Barat, akan membeli bangunan cagar budaya  di  Jalan Cengkeh, seberang Kali Besar, senilai Rp 49 miliar. Pembelian ini merupakan salah satu upaya untuk merevitalisasi Kawasan Kota Tua.

Anggarannya untuk membeli cagar budaya merupakan anggaran revitalisasi Kawasan Kota Tua yang sudah dialokasikan, sebesar Rp111 miliar. Selain membeli cagar budaya, anggaran tersebut juga untuk menggelar sejumlah event pariwisata.

“Kami berencana membeli lahan beserta bangunan cagar budaya di Jalan Cengkeh, seberang Kali Besar, senilai Rp 49 miliar. Lahan ini merupakan titik sentral menghubungkan Jakarta Barat dan Utara serta di depannya ada jembatan Kota Intan sehingga jika direnovasi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” kata Kepala UPK Kota Tua, Norviadi S HusodoSelasa (6/8).

Ia menjelaskan, pembelian gedung cagar budaya ini diawasi langsung oleh Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Pusat Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

“Kami juga berkonsultasi dengan tim KPK dan auditor inspektorat sehingga proses pembelian lahan saat ini tidak menimbulkan masalah hukum di masa mendatang,” jelasnya.

Ia optimistis, pembelian aset lahan tersebut  akan terealisasi pada triwulan keempat 2019. Selanjutnya, lahan yang telah dibeli akan difungsikan menjadi  ruang publik baik untuk museum, galeri, serta audio visual.

“Sisa anggaran dipergunakan untuk operasional kantor, event promosi sosialisasi kepada pemilik cagar budaya dan pengamanan destinasi, ” tandasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close