DestinationTourism

Ekowisata Jadi Andalan Gorontalo Gaet Wisman

Pariwisata yang berbasis ekowisata menjadi fokus Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Pola ini mengacu pada kondisi Provinsi ituyang mempunyai bentang alam yang indah, budaya yang luhur dan kenaekaragaman hayati yang berlimpah. Potensi tersebut mudah diakses baik di darat maupun laut. Belum lagi objek wisata yang belum tereksplorasi, baik tempat maupun situs bernilai sejarah.

“kita punya Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, hutan mangrove, hutan lindung Nantu, serta taman laut Olele untuk dijadikan ekowisata,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, Selasa (8/10/2019).

Sehari sebelumnya Darda Daraba juga menegaskan hal serupa pada pada workshop pengembangan pariwisata di Provinsi Gorontalo yang mengangkat tema “optimalisasi pengelolaan ekowisata di Provinsi Gorontalo” .

Dikatakannya, konsep ekowisata ini sangat baik untuk dikembangkan karena salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

“Misalnya, di desa itu ada yang sesuatu yang menarik, itu yang kita angkat menjadi ekowisata Kalau buat wisata buatan seperti di Ancol, pasti membutuhkan alokasi biaya yang besar,” ujarnya.

Darda menambahkan, konsep wisata dapat menjadi penguatan budaya, lingkungan, dan peninggalan sejarah yang sekarang ini menjadi trend terbaru dalam aktifitas pariwisata diseluruh provinsi. (Sumber GenPI)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close