Eco Tourism

Eksplore Malino, Kekayaan Alam, Flora dan Fauna

Mall kerap dijadikan target utama untuk menghabiskan akhir pekan. Padahal banyak pilihan tempat wisata hemat dan seru untuk dikunjungi. Salah satunya kawasan wisata panorama alam Malino.

Di kawasan yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas  permukaan laut ini terdapat Hutan Wisata Malino atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus yang terdiri dari deretan pohon pinus yang tumbuh sumbur, kokoh dan rindang.

Kawasan wisata Hutan Malino berada di sebelah selatan Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tingimoncong, Kabupaten Gowa.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat perkebunan markisa yang  menghasilkan minuman khas Kota Malino, yaitu jus markisa. Yang lebih eksentriknya lagi, di sini terdapat tumbuhan peninggalan Belanda yang terbilang langka, yaitu tumbuhan edelweis dan pohon turi yang bunganya berwarna orange, serta jenis bunga masamba yang dapat berubah warnanya tiap bulan dari  hijau, kuning hingga menjadi putih. Di puncak pegunungan Malino juga terhampar luas kebun sayur-mayur yang hijau.

Jika pengunjung ingin mencari suasana yang berbeda, di sekitar kawasan wisata Hutan Malino ini terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Air Terjun Takapala yang terletak di Bulutana, Air Terjun Lembanna yang  berada kira-kira 8 km dari Kota Malino, Pemandian Lembah Biru, Perkebunan Teh  milik Nittoh dari Jepang di daerah Pattapan, Tanaman Hortikultura di daerah Karenpia, dan kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close