Pageants

EL JOHN Pageants Mulai Gelar Karantina Miss Earth Indonesia 2020 Secara Virtual

EL JOHN Pageants hari ini, Rabu (9/9/2020),  memulai karantina perdana  untuk finalis Miss Earth Indonesia 2020. Karantina yang dilangsungkan secara virtual ini diikuti 25 finalis.

Karantina dibuka oleh  Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto, sekaligus memberikan pembekalan kepada para finalis. Dalam pembekalannya  masing-masing  finalis diminta untuk memperkenalkan diri. Setelah itu, dilanjutkan dengan memberikan penjelasan kepada finalis mengenai  beberapa syarat yang harus dikuti finalis.

“Jika salah satu dari anda jadi pemenangnya, kita ga tau siapa yang menang dari 25 orang ini, jika salah satu sebagai pemenang itu wajib pindah ke Jakarta tinggal di Jakarta sama seperti Cinthia (Miss Earth Indonesia 2020), jadi Cinthia dari Kalimantan Barat pindah ke Jakarta, wajib satu tahun mengikuti program-program di EL JOHN,” kata Tokoh Pariwisata Nasional ini.

Selain itu dalam pembekalan tersebut, ada beberapa finalis yang bertanya kepada Founder Yayasan EL JOHN Indonesia, salah satunya mengenai keterampilan apa yang harus dimiliki seorang Miss Earth Indonesia.

“Untuk menjadi seorang Miss Earth, kalau di EL JOHN yah, jujur saja dari dulu kita kejar itu karakter orang. Jadi karakter orangnya, kepribadian orangnya adalah yang nomer satu. Kalau karakternya bagus dapat nilai tertinggi, setelah itu baru skill. Karena kalau skill menurut kita itu bisa dipelajari. Tapi kalau karakternya jelek, kelakuannya memalukan, sebagus apapun tetap tidak kita menangkan. Jadi dia punya skill menurut saya di Yayasan EL JOHN Indonesia, selama 30 tahun saya mengelola Yayasan EL JOHN, manusia itu kuncinya di kepribadian orangnya,” ujar Johnnie.

Pembekalan berikutnya datang dari  Ketua Pernik Nusantara Coreta Louis Kapoyos. Judul materi yang diberikan Coreta  adalah bijak dalam bersosial media. Seorang enterpreneur sukses ini,  mengajak para finalis untuk berhati-hati menggunakan media sosial.  Jadikan media sosial sebagai wadah untuk menyampaikan kebaikan.

“Harus hati-hati ketika kita memberikan suatu postingan. Apalagi anda sekarang menjadi finalis Miss Earth. Setiap orang melihat anda dan akan menilai anda, apa pun itu ketika anda sudah menjadi bagian dari Miss Earth. Anda itu benar-benar harus menjaga etika, termasuk dalam penampilan berpakaian,” ajak Corita.

Selain itu, dalam karantina perdana ini juga ditampilkan 6  video kampanye  dari  finalis tentang memperingati hari ozon sedunia. Ke enam video itu dipilih karena lolos dalam penilaian.

PIC Pemilihan Miss Earth Indonesia 2020 Bagas Soripada mengatakan pemilihan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk tahun ini digelar secara virtual maka para finalis diminta untuk membuat video campaign tentang pelestarian lingkungan.

“Karena sebelumnya karantinanya langsung nih jadi lebih fokus pada kegiatan langsung seperti pembekalan dan lain-lain. Tapi tahun ini kita jadi lebih memfokuskan para finalisnya untuk mempunyai social branding dan membrandingkan suara mereka melalui sosial media, apalagi sekarang kan lebih virtual seperti video Challenge tadi, tahun sebelumnya tidak ada. Jadi walaupun mereka virtual dari daerah masing-masing, kita ingin tetap memberikan mereka kasih tugas pergroup sehingga mereka mempunya ikatan kekeluargaan yang kaut,” jelas Bagas saat diwawancarai tim liputan EL JOHN News di Kantor Yayasan EL JOHN Indonesia, di APL Tower Central Park, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Karantina akan berlangsung selama lima kali dalam waktu dua bulan, yakni  dari bulan September hingga November 2020.  Meski hanya lima kali, namun komunikasi pihak panitia pemilihan  secara offline tetap dilakukan. Dalam sesi offline itu, pihak panitia akan memberikan tugas

“Kalau saya lihat finalis lebih bekerja keras untuik mengangkat isu lingkungan, karena kita lebih banyak memberikan tugas ke mereka seperti membuat sosial media campaign, membuat video, foto shot bahkan tidak menutup kemungkinan ada kegiatan-kegiatan dadakan mengenai make every day  erath day sesuai tema Miss Earth Indonesia tahun ini,” ungkap Bagas yang juga sebagai Putra Kopi Indonesia 2019 .

Grand Final Pemilihan Miss Earth Indonesia 2020 akan digelar pada akhir bulan November 2020. Lokasi Grand Final dilangsungkan di Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seperti diketahui, Pemilihan Miss Earth Indonesia 2020 merupakan komitmen EL JOHN Pageants untuk terus melahirkan generasi Miss Earth Indonesia dari tahun ke tahun, meski tahun ini Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Menggunakan teknologi virtual merupakan upaya EL JOHN Pageants untuk tetap melanjutkan kontes paling bergengsi di Indonesia ini.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close