Sports

EURO 2016, Team Of The Tournament

Penyelenggaraan EURO 2016 berjalan sangat luar biasa, menghadirkan persaingan menarik, lahirnya tim-tim kejutan dan bermunculannya pemain-pemain berbakat yang berusia muda. Dari awal turnamen sampai babak final, EURO 2016 pun menghadirkan 11 pemain terbaik yang mampu memikat dengan kualitas permainannya.

UEFA pun akhirnya telah mengumumkan nama-nama pemain yang masuk ke Team of the Tournament di EURO 2016. Nama Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann masuk, tapi Gareth Bale ternyata tidak.

Dari 11 pemain yang dipilih oleh para pengamat teknis UEFA, empat di antaranya berasal dari tim juara, Portugal. Tiga pemain merupakan pemain Jerman, sementara Prancis dan Wales masing-masing mengirimkan dua pemain. Artinya, semua tim yang lolos ke babak semifinal punya wakil.

Dalam formasi 4-2-3-1, posisi kiper jadi milik Rui Patricio (Portugal). Joshua Kimmich (Jerman) dan Raphael Guerreiro (Portugal) menempati posisi full-back baik kanan dan kiri, mengapit duet bek tengah Jerome Boateng (Jerman) dan Pepe (Portugal).

Toni Kroos (Jerman) dan Joe Allen (Wales) dipilih untuk mengisi posisi duet poros di lini tengah. Di depan mereka ada tiga gelandang serang, yaitu Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), dan Dimitri Payet (Prancis). Adapun posisi ujung tombak diisi oleh Ronaldo (Portugal).

Bale, yang mencetak tiga gol dan satu assist untuk mengantarkan Wales hingga babak semifinal, tak masuk Team of the Tournament ini.

Pemilihan Team of the Tournament dilakukan oleh 13 pengamat teknis UEFA, yang dipimpin oleh Ioan Lupescu dan berisi Sir Alex Ferguson, Alain Giresse, David Moyes, Packie Bonner, Mixu Paatelainen, Savo Milosevic, Peter Rudbaek, Gareth Southgate, Thomas Schaaf, Jean-Francois Domergue, Gines Melendez, dan Jean-Paul Brigger.

“Setelah melakukan diskusi, para pengamat memilih sebuah tim yang berisi pemain-pemain dengan performa terbaik dari tim-tim yang menampilkan performa terbaik di Piala Eropa 2016,” jelas Sir Alex Ferguson.

“Kami sudah memilih bek-bek tengah yang dominan, full-back yang bisa bertahan dan menyerang, deep-lying midfielder yang bisa mengontrol permainan, dan para penyerang yang dinamis, fleksibel, dan kreatif. Mereka semua memiliki kemampuan untuk mengkreasikan dan mencetak gol. Kami yakin mereka yang terpilih merepresentasikan yang terbaik dari kompetisi ini,” lanjut mantan manajer Manchester United itu.

Di masa lampau, Team of the Tournament berisi 23 pemain. Ronaldo (2004 dan 2012) dan Pepe (2008 dan 2012) pernah dua kali masuk di edisi sebelumnya.

TOTT
EURO 2016 Team Of The Tournament

Team of the Tournament (4-2-3-1): Rui Patrício (Portugal); Joshua Kimmich (Jerman), Jerome Boateng (Jerman), Pepe (Portugal), Raphael Guerreiro (Portugal); Toni Kroos (Jerman), Joe Allen (Wales); Antoine Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), Dimitri Payet (Prancis); Cristiano Ronaldo (Portugal).

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button