Headline News

Evakuasi Pesawat Trigana Air Berhasil, Hari Ini Pelayanan di Bandara Halim Perdanakusuma Dibuka

Setelah ditutup  akibat adanya proses evakuasi  pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir, hari ini, Senin (22/3/2021), Bandara Halim Perdanakusuma kembali dibuka.  Kini pesawat tersebut telah tidak ada lagi di area landasan pacu dan sudah berada di hangar pesawat. Proses evakuasi telah berhasil dilakukan pada hari Minggu kemarin  (21/3/2021), sekitar pukul 15.45 WIB.

Informasi dibukanya kembali Bandara Halim Perdanakusuma ini, diperoleh dari Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano melalui keterangan tertulis, Senin (23/3/2021).

Yado mengatakan pelayanan penerbangan hari ini sudah kembali normal. “Pesawat kargo Trigana Air yang keluar landasan sudah dipindahkan seluruhnya. Senin 22 Maret 2021, Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal,” kata Yado.

Tidak hanya memindahkan badan pesawat, namun pembersihan area dari serpihan pesawat yang hancur terkena aspal, juga telah dilakukan. Saat ini dipastikan sudah tidak ada lagi serpihan yang sekitar landasan pacu.

Sejak insiden tergelincir ini terjadi pada Sabtu (20/3/2021), seluruh pelayanan penerbangan di Bandara Halim dipindahkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

AP II mencatat, total ada 49 penerbangan dialihkan. Sebanyak 22 penerbangan merupakan jadwal keberangkatan yang terdiri atas 10 keberangkatan Citilink dan 12 keberangkatan Batik Air, sedangkan 27 penerbangan lainnya adalah jadwal kedatangan yang terdiri atas 10 kedatangan Citilink dan 17 kedatangan Batik Air.

 “PT Angkasa Pura II mengaktifkan SOP Multi-airport System di empat bandara. Ketika Halim Perdanakusuma ditutup untuk penerbangan sipil, maka Bandara Soekarno-Hatta mendukung dengan melayani penerbangan yang dialihkan dari Halim Perdanakusuma. Sementara, Bandara Internasional Jawa Barat dan Husein Sastranegara dalam posisi siaga,” tutur  Yado.

Beruntung insiden ini tidak tidak ada korban jiwa. Diduga pesawat ini tergelincir akibat mesin pesawat yang berfungsi sebagai penggerak rusak.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button