BusinessHeadline NewsLifestyleTechnology

Facebook Sanggupi Permintaan Pemerintah Indonesia Dirikan Kantor Perwakilannya di Jakarta

Facebook  menyanggupi permintaan Pemerintah Indonesia untuk mendirikan kantor perwakilannya di Indonesia. Kesanggupan ini disampaikan perwakilan Facebook Asia Pasifik yakni Alvin Tan dan Jeff Wu saat memenuhi undangan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) . Perwakilan Facebook itu menyatakan kesiapannya untuk mendirikan kantor perwakilannya di Indonesia di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Gedung Kemenkominfo, Rabu, 2 Agustus 2017.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani  yang ikut dalam pertemuan ini,  mengatakan kantor pertama Facebook akan bertempat di wilayah Jakarta Selatan. Kantor tersebut akan menaungi kegiatan bisnis Facebook selama beroperasi di Indonesia. Selama ini Facebook belum memiliki kantor perwakilan. Sebagai gantinya, operasional mereka di sini diwakili oleh perwakilan saja. “Nanti bentuknya PT,” imbuh Semuel.

Menurutnya keputusan mendirikan kantor milik jejaring social raksana di dunia  ini dibuat oleh sang pendirinya, Mark Elliot Zuckerberg, usai berkali-kali berkomunikasi intensif dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Rencananya kantor ini akan resmi beroperasi sebelum 17 Agustus 2017.

“Pembicaraan terkait ini dengan Facebook sudah mulai sejak Maret lalu. Sejumlah penyesuaian memaksa proses berlarut hingga Agustus.,” ujar Samuel.

Mendirikan kantor di Jakarta ini merupakan salah satu point yang dipenuhi Facebook. Ada dua point lagi permintaan Pemerintah Indonesia kepada Facebook yakni penyesuaian Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KLBI) dan cara penanganan konten negatif.
Penyesuaian KLBI sebagai butir kesepakatan dilakukan agar Facebook segera mendaftarkan diri ke sektor periklanan sehingga proses penagihan pajak bisa dilakukan. Hal ini perlu dilakukan karena KLBI versi teranyar baru dirilis Mei kemarin.

Sementara penanganan konten negatif, bagian dari keinginan pemerintah menggandeng semua perusahaan OTT (over the top) asing yang beroperasi di Indonesia agar responsif menghalau konten negatif seperti terorisme dan pornografi.

Pembicaraan tadi juga melibatkan kewajiban pajak yang harus diurus oleh Facebook. Seperti diketahui, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini punya utang yang belum dibayarkan selama beroperasi di Indonesia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button