CultureDestinationTourismTravel

Festival Budaya Kotagede Memperkuat Kekayaan Seni dan Budaya Yogyakarta

Beragam pertunjukan seni dan budaya ditampilkan dalam ajang Festival Budaya Kotagede 2019. Berlangsung selama tiga hari, festival yang berlangsung sejak periode awal tahun 2000-an ini bertujuan untuk memperkuat dan melestarikan kekayaan seni dan budaya Yogyakarta. Dan festival ini memperkuat kunjungan wisata khusus nya kawasan Kotagede.

Festival budaya Kotagede mengusung tema mengenang kejayaan mataram, festival Kotagede menyuguhkan seni dan budaya selama 3 hari berlangsung, millennial menyikapi sejarah mataram pameran foto sejarah kulinas khas hingga pentas seni budaya dari masing-masing kelurahan di wilayah Kotagede.

Ketua penyelenggara Erwito Wibowo mengungkapkan, Festival budaya Kotagede lebih memperkuat dan melestarikan seni dan budaya Kotagede, kawasan Kotagede dinilai memiliki sejarah kebudayaan yang tinggi pada era kerajaan mataram.

Erwito menambahkan, Sebagai kawasan budaya terkemuka karena kita memiliki warisan potensi yang luar biasa sangat berbeda dengan daerah lain kita kembangkan dengan potensi kita ini, sangat berbeda dengan daerah lain

“potensi kesejarahan dan potensi rumah-rumah tradisional masih banyak” ucap Erwito

Festival Kotagede sempat berhenti beberapa tahun tragedi gempa tahun 2006 silam festival ini diharapkan bisa menjadi magnet yang tinggi bagi wisatawan maupun kaum millennial saat ini.

Ketua Koordinator Festival Budaya Kotagede 2019 Dadik Rahmanto mengungkapkan, event festival ini bertujuan untuk menggali potensi dari masyarakat setempat.

“Kotagede penyimpan banyak potensi sebagai salah satu daerah bersejarah di Yogyakarta dan ini yang ingin kami tampilkan,” ungkap Dadik.

Dadik melanjutkan, potensi yang dimiliki Kotagede diantaranya kebudayaan, kerajinan, kuliner, dan yang terpenting ialah warisan budayanya.

Kegiatannya sendiri terbagi atas beberapa agenda diantaranya pentas seni parade gamelan, bazar potensi daerah, dan pentas seni budaya.

Festival yang mengangkat tema Kejayaan Mataram ini berakhir pada tanggal 23 November 2019. Bertempat di Rumah Kalang Kotagede dan Situs Watu Gilang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close