DestinationHeadline NewsTourism

Festival Maksaira 2018 Cetak Rekor Lomba Mancing Ikan Dengan Peserta Terbanyak

Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes, Minggu, 15 April 2018, resmi membuka Festival Maksaira 2018 di Pantai Wai Pa, Sanana, Kabupaten Sula, Maluku Utara. Festival ini merupakan event pariwisata bahari yang  menggelar lomba memancing ikan kerapu.

Lomba tersebut diikuti 3.041 orang yang berasal dari warga Kepulauan Sula dan juga wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) yang sedang berada di Pantai Wai Pa.

Para peserta ini terlihat antusias mengikuti lomba memancing ikan kerapu. Hal itu terlihat dari kehadiran semua  peserta yang di lokasi festival beberapa jam sebelum festival ini dibuka.

“Hari ini kegiatan memancing ikan kerapu ini diikuti oleh 3.041 orang dengan melibatkan penduduk dari 47 desa dan juga wisatawan yang kebetulan berada di sini. Armada tangkap yang digunakan ada 1.177 unit yang terdiri dari 713 unit sampan, 125 unit ketinting, 79 unit long boat, 284 unit fiber, dan 12 unit jiob,” kata Bupati Kepulauan Sula.

Bupati  Kepulauan Sula menjelaskan di lomba ini panitia menyedikan perahu motor yang terbuat dari fiber dan lengkap dari mesinnya sebagai hadiah. Perahu motor tersebut akan diberikan kepada peserta yang mampu memancing ikan kerapu dengan jumlah banyak.

Kalau ditotal angkanya bisa mencapai Rp 40-50 jutaan (harga kapal berbahan fiber lengkap dengan mesinnya),” ungkap Bupati Hendrata.

Menurut Bupati Hendrata festival tahun ini merupakan festival ke tiga. Untuk kali ini festival digelar berbeda dengan festival tahun sebelumnya. Jika tahun lalu, festival Maksaira digelar dengan membakar ikan bersama-sama warga sepanjang 15 kilometer, untuk tahun ini digelar dengan lomba memancing ikan kerapu. Bahkan   lomba memancing ini,  berhasil mencetak rekor peserta mancing terbanyak.

“Untuk festival ini yang jumlah pesertanya lebih dari 3.000 orang ini akan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah lomba memancing terbanyak di mana sebelumnya dipegang oleh Manado yang diikuti 1300-an orang,” ujar Bupati Hendrata.

Bupati Hendrata mengungkapkan festival Maksaira yang digelar setiap tahun ini, merupakan salah satu cara mempromosikan wisata bahari di Maluku Utara, utamanya di Kepulauan Sula. Tak sekedar promosi, namun Pemerintah Kabupaten Sula juga terus membenai fasilitas wisata yang dianggap tidak layak.

“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula sendiri akan terus membenahi sarana dan prasarana serta akses untuk wisatawan datang ke sini,” tutupnya.

Selain diadakan lomba memancing ikan Kerapu yang diikuti oleh lebih dari 3000-an peserta itu, Festival Maksaira 2018 juga akan dimeriahkan acara hiburan dengan mengundang Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra, pedangdut 3 Srigala, Selvi KDI dan Fahrin dari Liga Dangdut Indosiar 2018 yang merupakan kontestan yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button