Headline News

Kopdar, Ridwan Kamil Ajak Bupati/ Walikota ‘Bereksperimen’

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, memimpin Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum, Dalam Rangka Gubernur Sebagai Wakil Pemerintahan Pusat (KOPDAR- GWPP) di Wilayah II Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Kegiatan berlangsung di Hotel Horison Bekasi, Jumat (16/11/18).

Kegiatan ini menurut Emil, merupakan cara baru mengkordinasikan, sekaligus mensinkronisasikan pembangunan antar Pemerintah Provinsi, bersama Pemerintah Kabupaten/ Kota di Jawa Barat.

“Alhamdulillah, hari ini hari bersejarah, kita mulai sebuah proses baru dalam relasi hubungan antar Provinsi dan daerah, yaitu Gubernurnya turun mendengarkan curhatan dari daerah- daerah,” ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sehingga, lanjutnya, berbagai masalah antar wilayah dapat menjadi atensi Gubernur, untuk dicarikan solusinya.

Disamping itu, Emil, sapaan akrabnya, juga mengimbau Bupati/ Walikota, untuk dapat menerapkan program arahan Gubernur untuk dikerjakan. Contohnya ada program “Quick Response,” Layad Rawat, PSC 911, satu desa satu produk, dan banyak program lainnya, serta berbagai program terkait akselerasi pembangunan kota, yang bisa saling tiru dengan daerah lain yang sudah sukses, dengan cara mengamati, memodifikasi, dan melaksanakannya.

Gubernur berharap, koordinasi yang baik antar Pemprov dan daerah, dapat menghasilkan lompatan perubahan yang luar biasa untuk kemajuan Jawa Barat.

Pun seperti yang sering Gubernur Emil sampaikan, dirinya ingin para birokrat dari berbagai level pemerintahan, untuk mulai bereksperimen pada level birokrasi dinamis, atau “Dynamic Government”. Dengan birokrasi yang dinamis, mimpi pembangunan diharapkan cepat terakselerasi.

“Karena kita sedang bereksperimen untuk memulai birokrasi dinamis, dari birokrasi aturan, performa, dan dinamis. Mudah- nudahan Jawa Barat dapat jadi Juara dengan pola seperti ini, tentu ini yang kita harapkan,” ucapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button