Headline NewsPageants

Finalis MCI 2021 Diharapkan Dapat Kelola Networking Dengan Baik

21 finalis Miss Chinese Indonesia (MCI) 2021 kembali menjalani karantina virtual yang diselenggarakan EL JOHN Pageant dan ditayangkan langsung oleh EL JOHN TV,  Rabu (23/6/2021). Pada karantina keempat ini, para finalis mendapat sejumlah pembekalan dari narasumber, di antaranya  dari Founder Yayasan EL JOHN Indonesia Martinus Johnnie Sugiarto.

Kali ini materi pembekalan  yang diangkat Tokoh Pariwisata Nasional itu adalah tentang betapa pentingnya membangun  networking atau jaringan. Networking merupakan salah satu upaya untuk memuluskan karier atau bisnis seseorang. 

Martinus Johnnie Sugiarto mengatakan tanpa networking, seseorang akan sulit memperluas usahanya, karena itu networking sangat dibutuhkan dalam dunia usaha termasuk para aktivitas yang dijalani finalis kedepan.

Martinus Johnnie Sugiarto menjelaskan bahwa Yayasan EL JOHN Indonesia telah menyiapkan panggung yang  dapat dimanfaatkan para Putri binaannya untuk menjalin networking. Pada kesempatan ini, Martinus Johnnie Sugiarto memperlihatkan foto-foto para putri yang sedang bertugas dan bertemu dengan orang-orang hebat. Oleh karena itu panggung yang disediakan Yayasan EL JOHN Indonesia, seperti kontes pageant internasional  dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperkuat networking.

“Saya selalu menyiapkan panggung, kenapa karena saya berharap di banyak event selalu muncul. EL JOHN akan muncul di event-event baik dalam negeri maupun luar negeri. Kalian bisa bayangin kalau kalian tugas ke luar negeri terus kenalan dengan finalis atau orang misalnya dari Paris, terus katakan lah dari Itali, terus kalian lagi senang model atau fashion show atau kalian sedang belajar fashion design, begitu di Paris ada acara besar karena kalian sudah sama-sama satu panggung dari Putri yang dari Paris mungkin dia akan informasikan acara-acara yang akan datang dan bermanfaat,” kata Martinus Johnnie Sugiarto.

Pada kesempatan ini, Martinus Johnnie Sugiarto menunjukan foto-foto Putri binaan Yayasan EL JOHN Indonesia yang sedang bertugas baik di dalam negeri maupu n luar negeri. Dalam foto tersebut para Putri sedang bersama orang-orang hebat salah satunya Perdana Menteri Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dengan menjalin  networking, maka seseorang dapat memiliki referensi yang banyak sehingga dapat memudahkan dalam mengembangkan bisnis dan karir. Namun Martinus Johnnie Sugiarto mengingatkan kepada para finalis ada tiga tahap  yang harus dipegang dalam mengelola networking, yakni tahap pertama What You See, tahap kedua What You Say dan tahap ketiga What You Do.

Untuk tahap pertama yakni What You See adalah hal-hal yang  berkaitan dengan  penampilan seseorang. Ketika bertemu orang untuk membicarakan sebuah bisnis, maka yang pertama kali diperhatikan ada penampilan lawan bicaranya. Untuk penampilan yang ditujukan adalah cara berpakaian.

“Jadi penampilan kita harus bisa menunjukan kita adanya di level mana. Ingat pakaian yang rapi, yang bagus bukan pakaian yang harus mahal, tidak harus mahal, tetapi harus pakaian yang sopan, yang baik, yang bisa menunjukan harkat diri kita dan kita harus sangat pintar memanfaatkan, kemana dan pakaiannya apa. Jangan mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan venue-nya, tidak sesuai dengan tempatnya,” terang CEO EL JOHN Media ini.

 Kemudian tahap yang kedua adalah What You Say yakni apa yang disampaikan seseorang . Jika tahap pertama lolos maka  yang harus diperhatikan adalah ucapan yang dilontarkan saat digelarnya pertemuan. Jika yang disampaikan adalah hal-hal yang negatif maka akan merusak jalannya pertemuan.

“Ketika bertemu kita keluarkan kata-kata baik, kata-kata bagus. Harus kata-kata positif, kita harus menghindari obrolan yang ujungnya bergosip, menghindari cerita yang tidak sesuai dengan tema pertemuan. Jangan ditarik ke mana-mana sehingga orang merasa bosan,” terang Martinus Johnnie Sugiarto.

Untuk tahap yang ketiga adalah What You Do.  Tahap terakhir ini lebih kepada perilaku ata sikap. Jika sikapnya kurang baik maka orang yang diajak bertemu akan menolaknya. Karena itu penting untuk menjaga sikap di hadapan orang. Sikap yang kurang baik akan membuat lawan bicaranya tidak mau untuk bertemu lagi.

“Ini sangat berbahaya, berbahaya kenapa karena anda tidak bisa membuat masa depan anda lebih cerah tetapi justru menutup banyak jendela banyak pintu untuk diri anda. Jadi hati-hati semua finalis dalam rangka membangun masa depan. EL JOHN hanya bisa memberikan panggung, EL JOHN bisa memberikan networking kepada kalian tetapi tahan berikutnya adalah tiga langkah itu what you see, what you say dan what you do itu ada dalam faktor internal yang melekat pada diri anda,” ungkapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close