Transportation

Garuda Indonesia Alami Over Runway di Adisucipto

Pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Yogyakarta mengalami over run di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (25/11) . Kondisi run way yang basah, diduga menjadi penyebab kejadian tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, pesawat dengan nomor penerbangan GA210 lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.13 dengan membawa 153 penumpang yang terdiri dari 148 penumpang dewasa, tiga anak dan dua bayi mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta pukul 14.00 WIB, melalui runway 09 (barat) – 27 (timur) bandara.

“Iya benar. Pesawat mengalami over run way di ujung runway 27 saat mendarat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Pesawat lalu di evakuasi ke tempat parkir,” ungkap Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Rio Hendarto.

Petugas langsung melakukan evakuasi dan pesawat dapat dipindahkan dari ujung runway 27 menuju apron melalui taxiway N4 dan NP untuk dilakukan pemeriksaan. Petugas juga melakukan pengecekan landasan dan tidak ditemukan kerusakan di area landasan. Untuk itu runway dapatdioperasionalkan kembali pukul 14.34 WIB.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hingga saat ini operasional penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta berjalan normal. Tidak ada penerbangan yang terdampak. Kami juga sudah melakukan pengecekan melalui inspeksi runway guna memastikan keamanan di area landasan,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama.

Sementara itu, Station Manager Garuda Indonesia Bandara Adisutjipto Ardi S Yakub saat dimintai konfirmasi perihal kejadian tersebut mengaku tidak ada pesawat Garuda Indonesia yang tergelincir tadi siang di landasan bandara Adisutjipto. Sejauh ini, dilaporkannya jadwal penerbangan maskapai berplat merah ini berjalan lancar dan tidak mengalami penundaan penerbangan.

” Tidak ada pesawat Garuda yang tergelincir di Bandara Adisutjipto siang ini. Semua penerbangan kami normal,” kata Ardi.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close