Headline News

GEM Indonesia Siap Mendukung Program Pemerintah melalui Pameran Teknologi Ramah Lingkungan Terakbar SE-ASEAN

Indonesia adalah negara tropis dan agraris yang sangat menunjang perkembangan energy baru terbarukan. Faktanya, Indonesia dapat menghasilkan energi baru terbarukan sebanyak 444ribu MW. Namun, penggunaan solar panel masih kurang maksimal, hanya mencapai 78,5 MW dari 208 MW yang dihasilkan energi surya. Melihat hal ini, program 35.000 MW dan elektrifikasi di daerah tertinggal masih menjadi perhatian pemerintah.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat rasio elektrifikasi hingga 2018 mencapai 98.30% atau 66.92% juta rumah tangga. Tahun 2019 pemerintah menargetkan bisa mencapai 99,9%. Kementerian ESDM akan bersinergi dengan PLN untuk menjangkau rumah yang berada di pelosok Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan listrik dengan program Lampu Tenaga Surya  Hemat Energi (LTSHE) dan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di berbagai titik di daerah pelosok.
Solartech Indonesia 2019, INALIGHT 2019 dan Smart Home+City Indonesia 2019.

Solartech Indonesia 2019 adalah pameran teknologi panel surya terbesar se-Asia Tenggara yang didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Melalui acara pameran ini, ESDM mendorong masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan, terutama Solar Rooftop, di mana Kelebihan data dari pemasangan Pembangkitan Listrik Tenaga Surya(PLTS) atap (PV Rooftop) atau panel surya dapat dijual oleh konsumen ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Ketentuan penjualan kelebihan daya itu tertuan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 49 tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pembangunan jalan umum ini telah ,menggunakan lampu LED Smart Systems. Dengan sistem lampu pintar ini akan memudahkan petugas memonitor dan mengotrol lampu dari jarak jauh. PJU sistem pintar menerpakan konsep ‘Internet of Things’ (IoT) yang menghubungkan internet dengan benda sehingga dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat tanpa kabel.

GEM indonesia terus menunjukkan dukungannya atas program pemerintah ini melalui terselenggaranya pameran berskala international yang akan memamerkan produk dan inovasi di bidang panel surya, smart lighting dan energi baru terbarukan. Solartech Indonesia 2019, INALIGHT 2019, Smart City Indonesia 2019, INATRONICS 2019 dan Cable Indonesia 2019 akan berlangsung secara bersamaan dengan Indonesia Renewable Energy Forum 2019. Conference ini akan mengangkat tema “Empowering Solar Energy for Indonesia’s Energy Sustainability” di mana akan hadir pakar-pakar yang akan membahas perkembangan solar market di Indonesia.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close