Golkar Ungkap Hasil Survei: Ridwan Kamil Mendominasi Elektabilitas di Jawa Barat

0

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengungkapkan hasil survei internal yang menyoroti elektabilitas Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, untuk Pilkada 2024 di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Menurut Doli, survei tersebut menunjukkan bahwa Ridwan Kamil masih memegang posisi elektabilitas yang kuat di Jawa Barat, didukung oleh kesuksesan program-programnya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sebelumnya.

“Namun ada beberapa program yang masih terus dilanjutkan dan itu diaharapkan oleh masyarakat Jawa Barat, makanya saat ini di survei masih yang paling tinggi,” ujar Doli dalam konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (16/04/2024).

Namun, situasi berbeda terjadi di DKI Jakarta, di mana Ridwan Kamil diklaim memiliki popularitas yang lebih rendah dibandingkan dengan calon-calon lainnya. Doli menegaskan bahwa peta politik di Jakarta jauh lebih kompleks dan tidak pasti.

“Dari surveinya, Pak Ridwan Kamil justru berada di posisi ketiga,” tambahnya, tanpa merinci nama-nama calon yang lebih populer di Jakarta menurut survei tersebut.

Terlepas dari hasil survei ini, Doli menegaskan bahwa Partai Golkar lebih cenderung untuk mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Jawa Barat daripada di Jakarta. Namun, belum ada keputusan final yang diambil oleh partai, karena masih dalam tahap diskusi dengan partai-partai koalisi dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Doli juga menyebutkan bahwa pembicaraan terus berlanjut dengan partai-partai seperti Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, PAN yang dipimpin oleh Zulkifli Hasan, dan Demokrat yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, juga telah menyatakan bahwa Ridwan Kamil sudah dipersiapkan untuk bersaing dalam Pilkada 2024, namun partai masih mempertimbangkan kombinasi terbaik sebelum memutuskan apakah Ridwan akan bertarung di Jakarta atau Jawa Barat.

“RK sudah disiapkan untuk melawan siapa pun lawannya,” kata Airlangga dalam pernyataannya di Istana Kepresidenan Jakarta, belum lama ini.

Dengan demikian, perjalanan politik Ridwan Kamil untuk Pilkada 2024 masih menjadi sorotan utama, sementara Partai Golkar dan koalisinya terus berdiskusi untuk memutuskan strategi terbaik dalam mengusungnya di kedua provinsi penting tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *