World

Gorila Tertua di Dunia Mati di Usia 60

Hanya berselang tiga bulan setelah perayaan hari ulang tahunnya ke-60, Vila, salah satu gorila tertua di dunia, mati pada Kamis (25/1/2018), di Taman Safari San Diego, California, Amerika Serikat.

Dilansir dari BBC, Sabtu (27/1/2018), Taman Safari San Diego mengumumkan kematian Vila yang lahir di Kongo pada 1957. Dia mati dikelilingi oleh anggota keluarganya.

“Hanya ada sedikit gorila yang mencapai usia tersebut,” kata Peggy Sexton, penjaga hewan taman safari. Gorila secara khusus hidup sampai usia 35-40 tahun.

Taman safari juga mengatakan Vila merupakan ibu pemimpin keluarga dari lima generasi. Dia juga berperan sebagai ibu pengganti bagi beberapa gorila dataran rendah di barat.

“Dia akan dirindukan oleh para anggota kebun binatang, para pengunjung, relawan dan staf. Vila menyentuh banyak orang sepanjang hidupnya,” jelas Randy Riches, kurator mamalia pada taman safari.

Sebelum dipindahkan ke Taman Safari San Diego pada 1975, Vila sempat menempati kebun binatang San Diego dan kebun binatang Brazzaville di Kongo.

Ketika berusia 13 tahun, dia lolos dari kandangnya. Kemudian, dokter hewan menyelamatkannya dan membawanya kembali ke kandang setelah menembak Vila dengan obat penenang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button