Headline NewsHealthy LifeLife Style

Gowes Sehat Saat Pandemi Covid-19

Pandemi virus corona penyebab Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak Maret 2020 lalu menjadi pukulan berat bagi sebagian industri manufaktur.Skala prioritas yang bergeser dalam pengeluaran konsumen di tengah kondisi yang serba sulit disinyalir menjadi penyebab melemahnya permintaan sejumlah barang pabrikan manufaktur.

Namun siapa sangka, fenomena ini justru menghasilkan dampak yang sebaliknya bagi industri sepeda di dalam negeri. Permintaan sepeda dikabarkan melonjak di tengah merebaknya wabah pandemi corona (covid-19).

Dokter Spesialis Olahraga RS Kasih Ibu Denpasar dan RS Melinda 2 Bandung dr. Alvin Wiharja, Sp. OK mengatakan, semua olahraga baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, tergantung dari target apa yang ingin dicapai.

“Untuk menjaga kebugaran, dapat memilih untuk melakukan olahraga kardio yang bersifat aerobik atau jenis olahraga low impact, seperti bersepeda,” jelasnya dalam acara el john medical forum yang disiarkan langsung oleh el john tv.

Alvin menambahkan, manfaat sepedah di tengah pandemi seperti ini bisa meningkatkan imunitas jadi bila teman-teman memiliki sepedah dianjurkan untuk digunakan secara aktif untuk sarana pengganti transportasi umum sekaligus teman-teman meningkatkan imunitas tersebut.

“Dengan kondisi seperti ini infeksi yang cukup banyak jadi kita bisa lihat di wilayah Indonesia hampir semuanya di zona merah, kami dari perhimpunan dokter spesialis olahraga untuk menyarankan untuk semua warga indonesia untuk rajin berolahraga di tengah pandemi covid-19 ini” Imbuh dr. Alvin

Menurut dr. Alvin rutin bersepeda mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah di tubuh. Selain itu, bersepeda dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung dan pembuluh darah.

“Olahraga bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat melatih banyak sekali otot tubuh, seperti otot perut, paha, betis, hingga kaki dengan risiko cedera yang rendah. Bersepeda juga mampu membantu tubuh membakar lemak, mencegah obesitas, dan juga meningkatkan stamina,” ungkapnya.

Alvin mengungkapkan, berolahraga itu seperti pisau bermata dua karena berolahraga memiliki beberapa intensitas,  diantaranya intensitas yang sedang  atau intensitas yang tepat menurut penelitian disebutkan bahwa intensitas yang sedang akan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

“Apabila kita kurang tepat untuk berolahraga makan akan memberikan efek negatif apabila kita kaitkan dengan di masa pandemi seperti ini misalnya kita berolahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi dan terlalu berlebihan itu justru daya tahan tubuh akan turun oleh karena itu dengan dijaga dengan secara dengan baik dan dilakukan dengan cara terstruktur kita harapkan semua akan tercapai dan imunitas akan meningkat” ucap dr. Alvin

Namun, dr. Alvin menambahkan, berolahraga di masa pandemi Covid-19 membutuhkan persiapan lebih. Patuh protokol kesehatan menjadi kunci utama agar bersepeda tetap aman dan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari penggunaan masker mutlak diperlukan untuk menjaga diri sendiri dan orang lain dari penularan penyakit. Pilih masker dari bahan yang mudah menyerap keringat, supaya kenyamanan ketika bersepeda tidak terganggu,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata dr. Alvin , selalu bawa air minum untuk hidrasi dan jangan lupakan hand sanitizer. Sebaiknya, bersepeda dengan keluarga atau kerabat yang serumah untuk meminimalkan risiko terjadinya penularan penyakit. Apabila ingin bersepeda dengan berkelompok, batasi kelompok bersepeda maksimal 5 orang.

“Langsung pulang ke rumah dan mandi setelah bersepeda, untuk sementara hindari dulu kegiatan sosialisasi atau beristirahat setelah bersepeda sambil makan minum dengan kerabat, karena kegiatan ini biasanya harus membuka masker,” tutupnya.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close