DestinationHeadline NewsTourism

Gubernur DIY Resmikan Akses Objek Wisata Sleman dan Gunungkidul

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkomitmen memberikan kemudahan akses bagi wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di DIY. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya  jembatan penghubung baru antara kawasan Sleman dengan Gunungkidul.

Jembatan yang diberi nama Sembada Handayani  ini, diresmikan oleh Gubernur DIY  Sri Sultan Hamengku Buwono X di  Ngoro-oro, Patuk, Rabu, 10 Januari 2018. Sri Sultan optimis jembatan ini, dapat menjadi akses strategis, pasalnya  Sleman dan Gunungkidul merupakan wilayah yang memiki banyak destinasi wisata. Selain itu, keberadaan jembatan ini dapat mengurangi kemacetan.

“Jalur ini potensial untuk mendukung tempat-tempat wisata. Tinggal bagaimana manajemen pengelolaan masing-masing masyarakat kedua kabupaten ini dapat mengembangkan. Selain itu juga dapat mengurangi kepadatan di Jalan Piyungan [Jalan Jogja-wonosari di wilayah Piyungan Bantul],” katanya.

Sri Sultan berharap keberadaan jembatan dapat  menjadi pemicu masyarakat untuk lebih semangat lagi merawat objek wisata yang ada baik objek wisata lama maupun baru.

“Semoga warga dapat mengambil manfaat dari infrastruktur untuk terjadi mobilitas. Kami juga mengembangkan potensi desa mandiri desa budaya. Bagaimana desa punya kemauan untuk tergerak di konsolidasikan. Tidak hanya mengembangkan potensi wisata tetapi juga kehidupan mereka lebih sejahtera. Kami hanya mendorong, memfasilitasi, tetapi kreatifitas, inovasi,kemauan pada setiap warga jadi faktor utama untuk berubah,” ujarnya.

Pembangunan jalur penghubung ini dimulai dari pembangunan jembatan sepanjang 90 meter dengan lebar 9 meter, selain itu dibangun jalan awal yakni sepanjang 1 km di Sleman tepatnya di Dusun Lemah Abang, Desa Gayamharjo, Prambanan dan 3 Km di wilayah Gunungkidul, tepatnya di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Patuk. Nantinya jalan di sekitar akan diperlebar.

Jembatan sembada Handayani dan jalan pendekatannya merupakan kegiatan perintis untuk menuju program pengembangan jaringan jalan baru Prambanan-Gayamharjo-Tawang -Ngalang-Gading,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Muhammad Mansyu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button