CultureDestinationHeadline NewsTourismTravel

Gulat Okol, Tradisi Rakyat Madura Meminta Hujan

Musim kemarau panjang membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Warga pun mencukupi kebutuhan air bersih dengan berbagai cara, ada yang membeli dari pihak swasta, mengambil air dari sumber mata air yang lokasinya jauh dari pemukiman hingga menunggu dropping dari pemerintah, Tak hanya itu, sejumlah warga juga melakukan salat Istisqa atau salat meminta hujan atau menggelar ritual lain sesuai dengan budaya yang ada di masing-masing daerah.

Panitia Okol, Zainal Abidin mengatakan ada sejumlah aturan yang diberlakukan dalam tradisi okol ini. Tradisi Gulat Okol yang merupakan tradisi turun-temurun untuk meminta hujan. Tradisi ini digelar dalam momen tertentu, misalnya saat musim kemarau panjang seperti saat ini.

Zainal Abidin Menambahkan, Hal yang paling penting adalah peserta yang kalah dan pendukungnya tidak boleh memendam dendam kepada sang pemenang. Sebab, okol merupakan olahraga yang menjunjung sportivitas dan menjalin persaudaraan. Aturan lainnya, adalah, peserta maupun penonton tidak boleh berjudi, peserta dinyatakan kalah jika punggungnya menyentuh tanah.

“Selain itu, peserta Okol tidak boleh memelihara kuku di kedua tangannya. Kuku tangan harus dipotong bersih sebelum bertanding. Panitia akan mengusir peserta berkuku panjang dari luar arena,” sambung dia.

Zainal juga mengutarakan, di Pamekasan, ada lima daerah yang masih mempertahankan tradisi Okol ini, di antaranya Kecamatan Palengaan, Pegantenan, Larangan, Proppo, dan Kota Pamekasan.

“Sebelum dimulai, pelaku okol biasanya melaksanakan ritual tahlilan atau istigasah terlebih dahulu. Sebelum musim hujan datang, tradisi ini digelar secara bergiliran di suatu desa,” ujarnya.

Lebih lanjut Zainal berharap tradisi okol tersebut bisa terus dilestarikan.

“Saya selaku generasi muda Pamekasan mengharapkan agar supaya tradisi ini terus dilestarikan di Kabupaten Pamekasan Madura,” inginnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close