Headline News

Hingga 20 September 2020, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

Berdasarkan data pada hari Minggu 20 September 2020 sampai pukul 06.00 WIB pagi ini Flat Isolasi Mandiri – menempati Tower 4 dan Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta – yang disiapkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) sejak Jumat (11/9) pekan lalu saat ini di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84% dari total kapasitas 1.570 tempat tidur di Tower 5.

Rencananya mulai pekan depan Tower 4 Flat Isolasi Mandiri sudah dapat dipergunakan. Tower 4 mampu menampung 1546 tempat tidur. Sehingga total tempat tidur yang tersedia di Flat Isolasi Mandiri sebanyak 3.116 tempat tidur.

Sementara itu di RS Darurat COVID-19, yang letaknya bersebelahan dengan Flat Isolasi Mandiri, total masih tersedia 582 tempat tidur. Rinciannya 311 tempat tidur di Tower 6 dan 271 tempat tidur di Tower 7. Tingkat hunian di RS Darurat COVID-19 sudah mencapai hampir 80% pada hari ini dari total 2.878 kapasitas tempat tidur yang tersedia di sana.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Mornado mengatakan bahwa penyiapan tower 4 dan 5 itu untuk keperluan isolasi bagi pasien Covied-19 yang tidak merasakan gejala apapun. Pasalnya, banyak pasien tanpa gejala yang kurang pemahaman tentang isolasi mandiri, sehingga berpotensi memunculkan klaster baru. Dengan demikian disiapkan tempat-tempat khusus isolasi agar si pasien dapat fokus menjalani karantina.

“Dengan tersedianya flat isolasi mandiri di tower 4 dan 5 di Wisma Atlet ini diharapkan makin banyak fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk menerima masyarakat yang statusnya positif Covid-19 tapi tanpa gejala,” kataDoni.

Doni menjelaskan  pasien positif Covid-19 tanpa gejala yang ingin melakukan isolasi di RS Wisma Atlet bisa mendaftarkan diri melalui Puskemas.

“Rujukan yang diberikan oleh puskesmas yang jadi salah satu persyaratan sehingga flat isolasi mandiri bisa menerima saudara kita yang positif Covid-19 namun tanpa gejala,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button