ICBC Terima Kunjungan Delegasi Shandong Bahas Peluang Kerja Sama Bisnis

0

Indonesia China Business Council (ICBC) kedatangan kunjungan istimewa dari delegasi Shandong, Tiongkok. Kunjungan ini dilangsungkan di kantor ICBC yang terletak di Plaza Maspion, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (30/05/2024).

Ada lima orang delegasi yang hadir dalam pertemuan ini. Kedatangan mereka dipimpin oleh Mr. Chao Xing Wei dan disambut hangat pengurus ICBC diantaranya Ketua Harian ICBC Ali Husein,  Wakil Sekjen ICBC Suryawan Wijaya dan  Wakil Ketua Umum Martinus Johnnie Sugiarto.

Pertemuan antara ICBC dan delegasi Shandong berlangsung dalam atmosfer yang penuh antusiasme dan semangat kerjasama. Pimpinan delegasi, Mr. Chao Xing Wei, menyampaikan keyakinan akan potensi kerjasama antara Shandong dan Indonesia dalam berbagai bidang.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban ini, delegasi Shandong turut memaparkan potensi yang dimiliki oleh wilayah mereka. Potensi tersebut yakni berupa jaringan untuk berbagai sektor seperti olahraga, perikanan dan pertanian.

Seperti diketahui di sektor olahraga, Shandong memiliki budaya olahraga yang berkembang pesat, dengan penekanan kuat pada kebugaran fisik dan atletisme. Provinsi ini memiliki berbagai fasilitas olahraga, termasuk stadion, arena, dan pusat pelatihan, menjadikannya destinasi ideal bagi para penggemar olahraga dan atlet.

Untuk sektor pertanian, Shandong dikenal sebagai “Lumbung Padi Tiongkok,” Shandong memiliki reputasi yang kokoh dalam pertanian. Dengan tanah yang subur dan iklim yang menguntungkan, provinsi ini merupakan produsen utama berbagai jenis tanaman, termasuk gandum, jagung, dan buah-buahan. Sektor pertanian Shandong menawarkan peluang yang luas untuk investasi dalam teknik pertanian modern, adopsi teknologi, dan pengolahan nilai tambah.

Dan untuk sektor pertanian, Shandong diuntungkan karena terletak di sepanjang Laut Kuning dan Laut Bohai, dengan sumber daya laut yang melimpah, menjadikannya pemain penting dalam industri perikanan. Sektor perikanan Shandong menawarkan prospek yang menjanjikan untuk investasi dalam armada perikanan modern, fasilitas budidaya perikanan, dan kemampuan ekspor makanan laut.

Ketua Harian Indonesia China Business Council (ICBC), Ali Husein,menyampaikan bahwa Shandong tengah mempertimbangkan Indonesia sebagai destinasi investasi yang menjanjikan.

“Dalam diskusi kami, kami mengusulkan bahwa biaya pajak yang tinggi di Eropa dan Amerika membuat investasi di sana menjadi kurang menguntungkan. Sebaliknya, investasi di Indonesia menawarkan alternatif yang lebih murah,” ungkap Ali Husein.

Ali Husein menyampaikan bahwa delegasi Shandong mengapresiasi kejujuran yang diperlihatkan oleh masyarakat Indonesia dalam menerima investasi dari pihak asing.

“Mereka mau investasi di sini dan mereka mengapresiasi kejujuran masyarakat Indonesia untuk investasi dari pihak asing,” ujar  Ali Husein.

Meskipun demikian, Ali Husein menekankan bahwa pihak Shandong masih ingin menjajaki lebih lanjut sebelum mengambil keputusan akhir.

 “Mereka masih ingin menjajaki harus rapat lagi. Nanti kalau mereka sudah siap, mereka akan menghubungi kita,” tambahnya

Pada kesempatan ini, Ali Husein menyoroti pentingnya kerjasama antar-negara dalam bidang pendidikan. Diharapkan universitas di Shandong dapat menerima pelajar dari Indonesia

“Diharapkan mereka membuka peluang bagi universitas di sana untuk menerima mahasiswa dari Indonesia dalam bidang perikanan dan teknik Perusahaan, melalui beasiswa untuk  generasi muda Indonesia agar kelak dapat menjadi pemimpin di bidang mereka,” tutup Ali Husein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *