Healthy LifeLife Style

IDI Bekerjasama Dengan Good Doctor Berikan Panduan Konsultasi Mengenai Virus Corona

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bekerja sama dengan Good Doctor Technology Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi Grab menginisiasi langkah proaktif yang dapat dilakukan melalui aplikasi layanan GrabHealth. Inisiatif tersebut memberikan informasi dan panduan konsultasi terkait dengan merebaknya virus corona baru dengan nama resmi COVID-19.

Terdapat dua inisiatif yang akan dijalankan. Pertama, penyusunan dan penerapan panduan atau protokol konsultasi daring terkait COVID-19 oleh tim medis Good Doctor yang ditinjau oleh PB IDI. Inisiatif kedua, adalah komitmen penyebaran informasi akurat terkait COVID-19 oleh mitra dokter Good Doctor kepada masyarakat.

Head of Medical Management of Good Doctor Adhiatma Gunawan mengungkap, Good Doctor sebagai platform online kesehatan yang bermitra dengan Grab memastikan pengguna dapat berkonsultasi mengenai COVID-19.

“Satu klik di GrabHealth bisa masuk tanya soal corona. Kami susun dan rumuskan dengan mengadaptasi berbagai sumber seperti WHO dan Kemenkes. Agar Mitra dokter kami dilengkapi dengan suatu standar tata laksana dalam menangani tanya jawab dari pengguna,” jelas Adhi.

Adhi juga menyampaikan bahwa Good Doctor sudah tersedia sebagai fitur GrabHealth di aplikasi Grab, yang bisa diunduh secara gratis untuk smartphone Android dan iOS. Untuk konsultasi kesehatan di Good Doctor tidak akan dikenakan biaya.

Konsultasi terkait virus corona kini bisa dilakukan online.

Sementara itu, Ketua Umum IDI, dr. Daeng M Faqih SH, MH, mengatakan, gejala COVID-19 pada awalnya tidak bisa dibedakan dengan gejala flu biasa dan bisa menular antarmanusia, baik melalui batuk dan bersin, serta makanan yang tercemar air liur seseorang yang terinfeksi.

Menurutnya, amplifikasi menjadi penting dalam upaya kolektif ini dan pihaknya menyambut baik inisiatif dan komitmen Good Doctor sebagai penyedia layanan kesehatan online yang melayani berbagai tanya jawab dengan jutaan masyarakat Indonesia.

“Kami IDI sudah mengeluarkan dan melakukan langkah-langkah, serta membentuk satgas khusus, dan meminta cabang untuk membentuknya. Fungsinya untuk menyampaikan informasi pedoman yang sudah disusun Kemenkes,” kata Daeng.

Edukasi ini dilakukan melalui berbagai jalur komunikasi yang dapat diakses langsung oleh mitra pengemudi dan para pelanggan, seperti notifikasi di aplikasi, email serta media sosial maupun media massa. Selain itu, GrabHealth powered by Good Doctor juga memberikan lebih dari 5.000 masker kepada mitra pengemudi secara merata di GrabBike Lounge Daan Mogot, Kebayoran Lama, dan TB Simatupang.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close