Business

Ikan Asap Produksi Maluku Utara Semakin Diminati Jepang

Bea Cukai Ternate Maluku Utara (Malut) mencatat, daerah ini telah melakukan ekspor ikan asap ke Jepang sebanyak 16,5 ton melalui kerjasama dengan kantor Bea dan Cukai Ternate bersama instansi terkait lainnya.

Kepala Bagian Kehumasan Bea dan Cukai Ternate, Soma Baskora menyatakan kegiatan ekspor ikan asap ini merupakan ekspor kali kedua yang melalui Pelabuhan Tobelo, Halmahera Utara, yang dilakukan oleh CV Markindo Raya. Sejak ekspor perdananya pada Oktober 2017 silam.

“Kini kembali dilakukan ekspor ikan ke Jepang. Hal ini menandakan pertumbuhan ekonomi Malut semakin membaik,” katanya.

Adapun jenis ikan asap yang diekspor, terdiri dari Skipjack sejumlah 987 Kg. Lalu Shoda sejumlah 13.293 Kg dan Muroaji sejumlah 1.617 Kg.

Dimuat ke dalam peti kemas ukuran 40 kaki dengan sarana pengangkut yang digunakan untuk kegiatan operasional adalah MV Bonny Star. Serta langsung ditangani oleh Agen Pelayaran PT Satu Tujuh Marahai.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk konsistensi dari kegiatan ekspor langsung dari Maluku Utara. Tentunya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan daerah setempat.

Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan ekspor ikan asap ini dapat menjadi agenda rutin yang dilakukan. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyakat, khususnya pelaku usaha IKM lainnya. Untuk mengembangkan potensi bisnis, dengan komoditi yang ada di Malut. Sumber: Antara

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close