Headline NewsInvestment

Investor Foshan Siap Berinvestasi Sektor Furniture di Cirebon dan Palu

Setelah menerima kedatangan delegasi dari Guangzhou, China dan perwakilan dari perwakilan China Council for the Promotion of International Trade (CCPIT) Guangzhou, Indonesia China Business Council (ICBC)   juga menerima kunjungan Delegasi dari kota Foshan, Provinsi Guangdong di kantor  ICBC  di Gedung Plaza Maspion, lantai 16, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018. Ada 16 orang delegasi yang bertemu dengan pengurus ICBC diantaranya Sekjen ICBC Den Zachria, Wakil Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih Ko dan  Wakil Sekjen ICBC Suryawan Wijaya.

Dalam pertemuan ini, delegasi dari kota Foshan ini menyatakan kesiapannya  berinvestasi  di Indonesia, untuk sektor furniture. Kota  Foshan merupakan penghasil mebel terbaik di China dan  produknya mengusasi pasar di China.

“Foshan  itu terkenal dengan mebelnya. Produksi mebel di Posan menguasai China sekitar 40 hingga 50 persen, bahkan produknya banyak di impor ke seluruh dunia.  Itu disana sepanjang 15 kilometer kiri kanan itu, sorum dan dibelakangnya pabrik, semuanya itu mebel.  Mau desain mebel disana, apa saja ada,” kata Ketua Harian ICBC Hasan Kosasih Ko   Hasan saat diwawancara Tim Liputan EL JOH News, usai pertemuan.

Hasan menjelaskan kunjungan delegasi Foshan ini, merupakan kunjungan balasan, karena November tahun lalu pejabat tinggi Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan telah berkunjung ke Foshan untuk menawarkan investasi di Indonesia dan mengundang mereka untuk datang ke Indonesia.

“Saya mendampingi Dirjen Perindustrian Agro dan Hutan Pak Panggah dan Dirjen dari Perdagangan Pak Okeh plus ada Walikota Palu terus ada Dinas Perdagangan dari Cirebon, total tim ada 38 orang telah mengunjungi ke Foshan   mensosialisasikan iklim investasi di Indonesia.  Di kunjungan itu, Pak Panggah mengundang mereka agar ada kunjungan balik, inilah kunjungannya,” ujar Hasan.Menurut Hasan ada dua daerah yakni Cirebon dan Palu yang ditawarkan kepada para pengusaha China, khususnya di Foshan dan sekitarnya,  sebagai tempat berinvestsi. Kedua daerah  itu dinilai  cocok untuk didirikan industri furniture.

Disini kita memberikan dorongan, dimana sih investasi yang cocok untuk mereka, yakni di Cirebon dan Palu. Cirebon merupakan kota mebel rotan, termasuk rotan kombinasi kayu, rotan kombinasi besi. Sedangkan Palu itu kan daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Di sana itu (KEK Palu) sudah banyak masuk investasi . Ini juga arahan dari Pak Menteri Pak Airlangga untuk membawa investor ke KEK Palu,” ujar Hasan.

Menurut Hasan setelah pertemuan ini,  tim dari delegasi Foshan berangkat ke Palu untuk meninjau lokasi yang bakal dijadikan pabrik mebel.

“Saya juga akan mendamping satu delegasi ke Cirebon.  Jadi ini kehadiran mereka untuk berinvestasi tak main-main lagi, karena sudah survey ke lapangan, tinggal eksekusi aja,” tutup Hasan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close