BusinessEconomicHeadline News

Jokowi Kritik Orang Indonesia Yang Suka Produk Luar Negeri

Presiden Jokowi mengkritik orang yang memprioritaskan produk luar negeri dibandingkan produk dalam negeri. Jokowi meminta  perilaku seperti ini harus dihentikan, sudah saatnya orang Indonesia bangga dengan membeli produk lokal.

“Sebab  kualitas produk buatan Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan yang buatan luar negeri,” kata Jokowi  saat meresmikan perluasan pabrik PT Sri Rejeki Isman(Sritek)  Tbk di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Jumat, 21 April 2017. Peresmian ini dilakukan usai Jokowi meresmikan pengoperasian Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah.

Jokowi menegaskan banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu memproduksi barang dengan kualitas internasional. Salah satunya ialah PT Sri Rejeki Isman Tbk yang lebih dikenal dengan Sritex. Perusahaan yang bergerak di bidang tekstil tersebut bahkan disebut Presiden sebagai merk Indonesia yang mampu berbicara banyak di pasar internasional.

“Saya tanya, apakah kita kalah dengan tekstil Vietnam? Karena saya dengar tekstil kita kalah oleh Vietnam. Dijawab oleh Pak Iwan (Presdir Sritex), kita tidak kalah. Kita bisa bersaing dengan mereka,” Jokowi  menambahkan.

Menurut Jokowi pemerintah tidak akan diam melihat banyaknya perusahaan lokal yang mencetak produk berkualitas dan sejajar dengan perusahaan asing namun kesulitan untuk mendistribusikan atau mengekspor ke luar negeri. Karena itu, pemerintah akan melakukan perbaikan dan pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air untuk mendorong agar produk-produk Indonesia masuk ke pasar ekspor. Presiden percaya, bahwa pembangunan infrastruktur ialah hal yang paling dibutuhkan Indonesia saat ini untuk dapat bersaing dengan negara-negara lainnya.

“Infrastruktur ini kita kerjakan habis-habisan untuk daya saing, supaya kita tidak kalah berkompetisi. Tahapan kedua nanti kita akan masuk ke industri pengolahan, tahapan ketiga kita akan masuk ke industri jasa. Strategi pembangunan kita seperti itu, karena semua negara sekarang ini berbenah diri,” ucap Jokowi.

‪        Hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Presiden Direktur PT Sri Rejeki Isman Tbk Iwan Setiawan Lukminto.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button