CultureHeadline News

Jokowi: Pers Semakin Dibutuhkan di Tengah Kemajuan Teknologi Informasi

Presiden Jokowi mengakui saat ini ada peran dominan yang dilakukan media social dalam menyebarkan informasi. Namun hal itu bukan patokan bahwa pers dan media massa tidak dibutuhkan lagi. Justru di era kemajuan teknologi informasi ini dan melimpahnya arus informasi,  pers semakin dibutuhkan.

“Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak fakta-fakta, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak aspirasi-aspirasi yang ada di masyarakat,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di Pantai Cimpago, Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat, 9

Menurut Kepala Negara, pers makin diperlukan untuk turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, memotret masyarakat yang bergerak semakin cepat, semakin efisien yang sekarang melahirkan era revolusi industri 4.0 (four point zero) yang berbasis pada  digitalisasi.

Kekuatan komputasi dan analitik data, lanjut Kepala Negara, menghasilkan banyak inovasi yang harus segera diketahui, yang harus segera dipahami jika kita tidak ingin ditinggalkan.

“Sekali lagi, pers diperlukan untuk turut membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru,” tutur Presiden Jokowi.

Acara peringatan Hari Pers Nasional antara lain dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan Djalil, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian.

Pemimpin media massa seperti Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat, Pemimpin Redaksi RCTI Atika Suri, dan Pemimpin Redaksi Metro TV Donbosco Selamun, serta Ketua PWI Pusat Margiono, yang sekaligus penanggung jawab HPN 2018, juga hadir.

Dalam puncak perayaan  HPN 2018, diserahkan penghargaan kepada insan-insan pers nasional, antaralain,  penghargaan pena emas yang diberikan kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Tabalong, Kalimantan  Timur Anang Syakhfiani.  Selain itu ada penghargaan Pengabdian Pers untuk Fikri Jufri dan Harjoko Trisnandi  dari Majalah Tempo serta Direktur Eksekutif SGP  Bernard  Soedarmara.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close