BusinessDestinationHeadline NewsTourismTransportation

Jusuf Kalla Minta Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Dikebut

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) meminta agar pekerjaan konstruksi proyek kereta semi cepat atau kereta kencang Jakarta-Surabaya bisa dipercepat pekerjaan konstruksinya. Saat ini, pekerjaan konstruksi belum juga dimulai karena masih menunggu kajian apakah akan membangun jalur baru atau hanya merevitalisasi lintasan yang sudah ada.

“Ya program itu saya minta dipercepat. Diharapkan tahun depan sudah mulai,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (12/12).

JK mengatakan, sebenarnya infrastruktur yang dimiliki sudah mumpuni untuk mendukung proyek kereta kencang. Saat ini, sudah ada rel ganda atau double-double track yang membentang dari Jakarta ke Surabaya.

Lintasan itu bisa dimanfaatkan. Hanya saja, memang butuh penyesuaian.

“Kita kan sudah double track, hanya beberapa tempat yang harus diperbaiki. Kan sekarang sudah ada bagus tapi kan banyak menghalangi. Perlintasan sebidang,” kata JK.

Perlintasan sebidang yang dimaksud adalah persilangan antara rel kereta api dengan jalan raya. Bila tidak dihilangkan, perlintasan sebidang akan sangat berbahaya baik bagi kereta maupun pengguna jalan.

Untuk itu, perlintasan sebidang itu harus dihilangkan. “Dikasih flyover atau underpass, itu saja,” tandas dia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button