Headline NewsTourism

Melalui Community Trip, Menparekraf Ajak Selebritis Kampanyekan Program Pariwisata

Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparerkaf) untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang kini masih lesu akibat pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan membuat program community trip “Geber Komunitas”.

Pada Senin (14/6/2021), program  ini diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf. Program tersebut berkonsep perjalanan motor ke sejumlah destinasi di Pulau Jawa.

Untuk mensukseskan program ini, Kemenparerkaf mengajak selebritis Tora Sodiro dan Darius Sinathrya serta beberapa komunitas local. Tora dan Darius ikut hadir dalam acara peluncuran ini serta  Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu sebelum dilantik sebagai Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf.

Dengan roda dua, para peserta akan menjelajahi destinasi yang dilewati, dengan mengambil start dari Batang menuju Dieng, Temanggung, Magelang, hingga Jogja. Program ini  dimulai 15 hingga 17 Juni 2021.

Mereka akan mensosialisasikan berbagai program Kemenparekraf yaitu mengajak masyarakat untuk berwisata #DiIndonesiaAja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin (CHSE).

Menparekraf mengapresiasi program yang diyakini dapat menjadi tren di tengah pandemi Covid-19.”Destinasi-destinasinya keren banget karena salah satu tren pariwisata yakni personalize, customize, localize dan smaller in size,” kata Menparekraf.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk promosi destinasi pariwisata Indonesia sekaligus memperkuat kampanye penerapan protokol kesehatan di berbagai destinasi yang dilewati.

Termasuk juga kegiatan bersih-bersih toilet bersama Satgas Jamban sebagai salah satu bentuk perwujudan kebersihan di destinasi serta kegiatan lainnya. 

“Nantinya di setiap destinasi juga akan melibatkan komunitas-komunitas setempat dalam mengkampanyekan protokol kesehatan sehingga ketika nanti pada saatnya semua sudah siap untuk dapat berwisata #DiIndonesiaAja,” kata Vinsensius Jemadu.

Selebritas Darius Sinathrya mengaku antusias bisa mengikuti kegiatan Community Trip kali ini. Ia mengatakan nantinya selama berkegiatan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Kita ingin pariwisata Indonesia segera bangkit dan membantu mencegah penularan COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Kita akan mengajak komunitas lokal untuk sama-sama melakukan edukasi dan bergerak bersama membantu pariwisata Indonesia bangkit kembali,” kata Darius.

Di Akhir acara, Menparekraf melepas peserta dari halaman Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button