DestinationHeadline NewsTourism

Kampung Akuarium, Sunda Kelapa dan Luar Bantang Akan Dijadikan Objek Wisata

Kampung  Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara yang kini tinggal puing-puing akan dibangun objek wisata budaya dan sejarah. Bukan hanya Kampung Aquarium, Sunda Kelapa dan Luar Batang juga akan di jadikan daerah wisata yang serupa. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  yakin ketiga wilayah itu jika dijadikan objek wisata akan berbuah manis untuk perekonomian Jakarta.

“Jadi kami ingin membangun di situ, salah satu Kampung Akuarium, kemudian ada Sunda Kelapa, lalu ada Luar Batang. Satu rangkaian itu adalah nanti di masa depan kami merencanakan untuk daerah kegiatan wisata budaya yang punya sejarah,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 19 Januari 2018.

Anies menjelaskan  bangunan yang ada di Kampung Aquarium kini telah rata dengan tanah akibat penggusuran. Melihat kondisi itu, maka objek wisata yang nanti berdiri di Kampung  ini akan dibangun ulang. Konsepnya, kata Anies, akan dibicarakan dengan warga.  Untuk menghadirkan objek wisata diKampung Aquarium, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan mengajak warga setempat.

“Prosesnya itu bukan seperti pemprov mendata, pemprov menyiapkan, kemudian warga pasif, enggak. Kampung Akuarium ini justru salah satu contoh kegiatan yang dilakukan secara kolaboratif. Jadi, warganya terlibat, dari mulai awal,” ujarnya.

Anies menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sudah memulai membangun tempat penampungan atau shelter untuk warga yang masih bertahan di Kampung Aquarium. Tempat penampungan diperlukan untuk tempat tinggal sementara bagi warga.

Ia mengungkapkan, pembangunan tempat penampungan sudah mulai dikerjakan sejak 7 Januari 2018. Diperkirakan ada 180 kepala keluarga (KK) yang masih tinggal di tenda-tenda.

“Dan kalau shelter-nya selesai, mereka bisa tinggal di situ. Saya lupa jumlahnya, kalau enggak salah 180-an KK yang nanti akan tertampung di shelter itu,” ucapnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button