DestinationHeadline NewsTourismTravel

Kedatangan Kapal Pesiar Berdampak Positif Untuk Perekonomian Surabaya

Kedatangan kapal pesiar ternyata memberikan dapak positif terhadap perekonomian Surabaya. Walau belum merata dan sepenuhnya merasakan dampaknya.

Direktur Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi mengatakan kedatangan kapal pesiar mendatangkan market tersendiri bagi perekonomian Surabaya.

“Jika kapasitas 1 kapal pesiar saja sepert Genting Dream Cruise ini minimal 3000 penumpang dengan okupansi 70% maka ada 2000 orang yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis, khususnya dibidang kuliner, retail dan parawisata sendiri,” katanya  Disela-sela mengunjungi Genting Dream Cruise.

Sutandi mencontohkan pada kedatangan sebelumnya, ada 11 bis penumpang Cruise yang berkunjung ke Tunjungan Plaza, salah satu mall yang dikelola Pakuwon Grup. 

“Jika 1 orang saja menghabiskan 100 dollar minimal untuk kuliner dikalikan 400 orang dari 11 bis itu sudah awal yang bagus,” lanjut Sutandi.

Sementara itu Marketing Manager Genting Dream Cruise Line, Hari Susanto, menambahkan Surabaya adalah destinasi pilihan rute baru yang dibuka oleh Dream Cruise. “Masyarakat Asia jenuh dengan Malaysia dan Thailand oleh karena itu, kami mulai membuka jalur baru di Indonesia tepatnya Surabaya dan Bali,” tambahnya.

Dipilihnya Surabaya karena bukan tanpa alasan, dengan kedalaman perairan 14m Pelabuhan Tanjung Perak memudahkan kapal seberat 150.001ton merapat dan dilengkapi dengan terminal pelabuhan yang nyaman.

“Selain itu Faktor kenyamanan dan destinasi wisata juga menjadi alasan kami memilih Surabaya selain Bali,” lanjutnya.

Dilanjutkan Hari, Surabaya merupakan market salah satu market terbesar penumpang kapal pesiar berkapasitas 1600 kamar dangan minimal penumpang 3200 itu. “Pada Desember 2017 adan 2600 penumpang dari Indonesia dan 600 diantaranya dari Surabaya,” lanjutnya

Genting Dream adalah resor mewah terapung yang dirancang khusus untuk pasar Asia, yang memulai pelabuhan asal pelayarannya di Singapura pada tanggal 16 November 2017. Genting Dream membawa para tamu pada berbagai paket pelayaran akhir pekan selama dua malam dan lima malam pada pelayaran hari Minggu dari Singapura ke destinasi-destinasi di Selat Malaka dan Laut Jawa.

Kapal ini dilengkapi area kegiatan rekreasi dan hiburan termasuk enam seluncuran air, panjat tebing, zip line sepanjang 35 meter yang berayun di atas laut terbuka, lapangan golf mini, arena bowling glow in the dark, Teater Zodiac dengan 999 tempat duduk untuk pertunjukan kelas dunia, fasilitas karaoke yang canggih, serta klub malam Zouk yang terkenal secara internasional dan Zouk Beach Club untuk pesta Zouk Out At Sea

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button