DestinationHeadline News

Kelimutu Segera Didaftarkan Sebagai Kawasan Geopark

Keindahan  Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur  sudah tak diragukan lagi. Maka tak heran, banyak wisatawan yang menjadikan destinasi wisata satu ini sebagai wisata pilihan utamanya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Untuk memperkuat destinasi ini, agar dapat lebih  banyaklagi  didatangi wisatawan, Pemerintah Kabupaten Ende segera mendaftarkan Danau Kelimutu sebagai kawasan geopark nasional.

Wakil Bupati Ende, Djafar Ahmad  mengatakan, pihaknya telah telah melakukan sejumlah langkah terkait hal tersebut.

“Bupati sudah mengeluarkan surat keputusan tentang geopark Kelimutu ini. Kami juga telah bekerjasama dengan Geopark Ciletuh di Provinsi Jawa Barat untuk pengembangan geopark Kelimutu,” ujar Djafar di Kupang, Senin (15/4/2019)

Selain tiga warna, keunikan lain destinasi ini adalah letaknya yang berada di ketinggian. Tidak tanggung-tanggung, danau ini berada di 1.631 di atas permukaan laut (dpl), di atas puncak Gunung Kelimutu. Nama Kelimutu berasal dari Keli yakni mendidih dan Mutu yakni gunung. Dengan nama itu, maka danau tersebut merupakan danau yang terletak di gunung yang mendidih.

Kawasan geopark ini nantinya mencakup 12 kecamatan.  Ada  beragam kekayaan geologi, hayati dan budaya yang terkandung di dalamnya. Pemkab Ende juga ingin geopark Kelimutu terdaftar sebagai bagian dari jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark (UGG). Target tersebut ingin dicapai di tahun 2021.

“Nanti NTT memiliki geopark dunia selain yang ada di Jawa Barat, kemudian Bromo, di Jawa Timur,” tambah Djafar.

Upaya pengenalan bakal kawasan Geopark  juga dilakukan dengan menggelar kegiatan pariwisata berupa pesta sepekan di Danau Kelimutu. Kegiatan ini digelar rutin pada bulan Agustus setiap tahun sejak 2014 lalu.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close