Healthy Life

Kemenkes Gandeng AXA Indonesia, Maksimalkan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

AXA Mandiri dan AXA berkomitmen untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. GERMAS yang bertujuan untuk memperkuat pembangunan kesehatan Indonesia dengan mengedepankan upaya promotif-preventif ini sangat sejalan dengan tujuan mulia AXA Mandiri & AXA yakni Empower People to Live a Better Life.

“Sebagai perusahaan dengan pengalaman di bidang perlindungan kesehatan, AXA Mandiri & AXA mendukung program ini melalui serangkaian kegiatan promosi kesehatan dan pencegahan untuk mendukung Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di area kesehatan. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud pilar AXA Mandiri d& AXA, karena kami ingin masyarakat Indonesia dapat menikmati kualitas hidup yang sehat dan sejahtera, serta memiliki layanan proteksi yang tepat guna mengantisipasi segala risiko di masa yang akan datang,” ucap Country CEO AXA Indonesia Paul-Henri Rastoul di sela penandatanganan kerjasama antara AXA Mandiri & AXA dan Kemenkes.

Paul-Henri menambahkan bahwa memiliki proteksi yang tepat tidak hanya bermanfaat ketika kita sedang tertimpa musibah atau kecelakaan. Namun, mempersiapkan diri dan mengantisipasi kejadian tersebut merupakan langkah yang paling vital untuk dilakukan. AXA Mandiri & AXA berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia dalam memproteksi serta mengantisipasi hal-hal tersebut.

Melalui kerjasama tersebut, AXA Mandiri & AXA bersama Kemenkes akan melakukan program promosi sadar kesehatan selama satu tahun, melalui berbagai kegiatan seperti seminar dan kampanye media sosial.

Walaupun tren gaya hidup yang sehat, organik dan “kembali ke alam” terus menjadi bahan perbincangan di masyarakat,   tingkat kesehatan di Indonesia belum sepenuhnya baik. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 Kemenkes menunjukkan angka prevalensi penyakit tidak menular per 1,000 penduduk di Indonesia cenderung meningkat. Sebagai gambaran, penyakit stroke (8.3% di 2007 vs 12.1% di 2013), diabetes (1.1% di 2007 vs 2.1% di 2013) dan hipertensi (7.6% di 2007 vs 9.5% di 2013).

Pada acara tersebut juga, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, Dedi Kuswenda menjelaskan bahwa GERMAS diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo melalui Inpres No. 1/2017 yang diharapkan dapat mendorong realisasi program ini di seluruh Indonesia.

Presiden Direktur dari AXA Mandiri Financial Services Jean-Phillipe Vandenschrick turut memngemukakan bahwa kick-off dari kerjasama tersebut bertepatan dengan acara tahunan perusahaan yaitu Corporate Responsibility Week (CR Week) 2017, yang dilaksanakan pada 5 hingga 11 Juni, sehingga diharapkan dapat membuat dampak yang lebih luas.

“Acara tahunan CR Week ini adalah wujud komitmen kami dalam melayani masyarakat serta memberikan dampak positif bagi para pegawai kami, keluarga mereka serta masyarakat di sekeliling kami. Di Jakarta, kami mengadakan seminar gaya hidup sehat, lengkap dengan latihan fisik, kelas masak makanan sehat serta medical check-up. Hal tersebut kami lakukan untuk mendukung pengembangan yang berkelanjutan di bidang kesehatan, yang dimulai dari diri kita sendiri,” ucap Jean-Phillipe.

Ia menambahkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan selama CR Week merupakan langkah AXA Mandiri & AXA dalam menurunkan risiko penyakit tidak menular di Indonesia.

AXA Mandiri & AXA juga akan melakukan kegiatan kampanye yang dikoordinasi oleh unti Social Media Command Center (SMCC) di seluruh platform media sosial seperti facebook, Twitter dan Instagram untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko penyakit kritis, berikut dengan tips untuk mencegah atau mengantisipasinya.

Lebih lanjut, Chief Corporate Affairs Officer AXA Indonesia Benny Waworuntu menerangkan bahwa bentuk dukungan yang diberikan oleh AXA Mandiri & AXA pada GERMAS antara lain menjalankan sejumlah program seperti sosialisasi dan edukasi kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk hidup sehat, konsumsi sayuran dan buah-buahan, latihan fisik, serta medical check-up di enam provinsi di Indonesia (DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi dan Nanggroe Aceh Darussalam), terutama untuk wanita, supaya terjadi pendekatan yang lebih holistik.

“Kami juga akan melakukan rangkaian kegiatan literasi keuangan yang akan dipandu para pagawai kami secara sukarela, guna membantu mereka dalam mengelola risiko keuangan dan kehidupan di masa depan. Kami berharap masyarakat tidak hanya mampu menjaga gaya hidup sehat yang baik, tapi juga memiliki kemampuan dalam mengelola risiko, terutama manajemen keuangan yang lebih baik lagi,” tambah Benny.

Usai Idul Fitri, AXA Mandiri & AXA akan melibatkan para pegawainya secara sukarela untuk memberikan informasi literasi keuangan bagi masyarakat lokal di daerah lain, seperti Tangerang dan Bogor, sekaligus terjun langsung dalam kegiatan kebersihan lingkungan. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan komitmen AXA Mandiri & AXA dalam mendukung pembangunan masyarakat di bidang kesehatan di Tangerang dan Bogor.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button