DestinationHeadline NewsTourism

Kemenpar dan Yayasan EL JOHN Indonesia Kolaborasi Promosikan Pariwisata di Mall

Berbagai cara di lakukan Kementerian Pariwisata dalam mempromosikan Wonderful Indonesia. Salah satunya dengan menggelar parade bertajuk  “Gemilang National Costume Wonderful Indonesia di Kota Kasablanka, Sabtu (22/4/2019)

Parade ini  menjadi  bagian acara dari EL JOHN Kartini Week 2019  yang  diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia, selama empat hari (18-21 April 2019) di Mosaic Mall, Kota Kasablanka.  Parade ini melibatkan 25  model dari  finalis The Supermodel Indonesia (TSI) 2019 dan  finalis Putri Kartini Indonesia

Dalam parade ini, para model  berkeliling mall sambil mengenakan National Costume yang menggambarkan kebudayaan di Indonesia.  Selain itu, mereka juga membawa nama  10 destinasi prioritas atau yang dikenal dengan Bali Baru.

Kesepuluh destinasi itu yakni Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara). Ikut dibawanya, nama 10 Bali Baru itu untuk memperkenalkan kepada pengunjung mall

Bukan hanya nama 10 Bali Baru yang dipromosikan,   Calendar of Event (Ceo)Woderful Indonesia juga ikut dipromosikan selama parade berlangsung. Ada 14 CeO yang ditampilkan, yakni event-event di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Bangka Belitung,  DKI Jakarta, Jawa Tengah,  Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bali, dan NTB.CeO yang turut dibawa berkeliling ini, mencantumkan  beberapa event pariwisata di setiap daerah

Alhasil parade ini, berhasil mencuri perhatian pengunjung mall. Tidak sedikit, pengunjung yang mengabadikan parade dengan ponsel pintarnya, bahkan ada juga mengikuti jalannya parade hingga selesai.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, promosi pariwisata dilakukan melalui delapan skema, yakni melalui media online, media elektronik, media cetak, media ruang, travel fair, pengelenggaraan festival, sales mission (misi perdagangan), dan fam trip. Dari semua skema promosi ini, pemasaran melalui media digital akan lebih dominan, karena 70% orang mencari informasi melalui digital.

Dia menambahkan, promosi pariwisata 2018 dikemas dalam Visit Wonderful Indonesia (Viwi) 2018, yang merupakan program penguatan unsur 3A (aktraksi, amenitas, dan aksesibitas) serta diwujudkan dalam kegiatan selama satu tahun penuh.

“Untuk VIWI 2018 telah disiapkan beberapa produk wisata di antaranya paket hot deal, Calendar of Event (Color of Indonesia), dan destinasi digital yang akan dijual secara digital,” tutur dia.

Dia menjelaskan, paket Color of Indonesia merupakan paket bundling dengan komponen tiket event. Untuk atraksi telah disiapkan 100 event daerah yang merupakan event utama, premiere, core event yang menjadi ikon kegiatan pariwisata Indonesia 2018 dan telah diseleksi oleh tim kurator.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close